Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Dr. Haryo Pamungkas, SE, SH, MH, CLA
Kepala Divisi Manajemen Risiko PT Jasa Raharja

Kepala Divisi Manajemen Risiko PT Jasa Raharja

63 Tahun Proteksi "Social Security" Jasa Raharja

Kompas.com - 13/01/2024, 11:16 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

PESATNYA peradaban manusia menuntut tersedianya fasilitas transportasi yang cepat, tepat, dan aman. Interaksi sosial tidak cukup sebatas jalinan virtual, sehingga setiap hari, jutaan orang melakukan perjalanan keluar rumah, baik untuk keperluan bisnis, bekerja, pendidikan, sosial , dan mobilitas lainnya.

Menurut data terbaru Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penumpang kereta api di Indonesia mencapai 31,32 juta orang pada Agustus 2023, atau sekitar 130.000 orang per hari.

Sedangkan volume jumlah kendaraan bermotor, rata-rata per hari berjumlah 14.918 kendaraan.

Tentunya jika ditambah dengan data penumpang kapal laut, pesawat udara, dan pergerakan orang yang tidak tercatat secara akumulasi, jumlahnya akan lebih besar lagi.

Relatif tingginya mobilitas orang dan kendaraan pada semua moda angkutan, tidak lepas dari risiko kecelakaan lalu lintas yang senantiasa dapat menghambat tercapainya sasaran.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan yang dipublikasikan melaui website resminya dephub.go.id, mencatat jumlah kejadian kecelakaan lalu lintas berdasarkan data Korlantas Polri pada periode Januari 2022 sampai 13 September 2022, berjumlah 94.617 kasus.

Korlantas Polri mengungkapkan, korban tewas akibat kecelakaan lalu lintas pada 2021 mencapai 25.266 jiwa, dan pada 2022 menelan korban tewas sebanyak 26.100. Data tersebut belum termasuk korban luka berat dan luka ringan.

Lalu, untuk jenis kendaraan yang terlibat dalam kasus kecelakaan tersebut, yakni sepeda motor sebanyak 73 persen, dan melibatkan angkutan barang sebanyak 12 persen.

PT Jasa Raharja sebagai salah satu BUMN yang diberi tugas memberikan santunan merupakan representasi kehadiran negara bagi korban kecelakaan lalu lintas.

Jumlah santunan yang diserahkan selama 2023 sebesar Rp 3,08 triliun, atau naik 5,38 persen jika dibandingkan 2022. Sedangkan jumlah korban pada 2023 sebanyak 148.578 atau naik 4,41 persen dari 2022.

Dalam operasionalnya, PT Jasa Raharja mampu memberikan percepatan layanan dengan rata-rata penyerahan santunan kepada korban meninggal dunia selama 1 hari 6 jam sejak tanggal kecelakaan.

PT Jasa Raharja menyadari percepatan layanan sangat penting karena musibah yang dialami keluarga korban kecelakaan lalu lintas memerlukan bantuan dana untuk mengurangi beban materiilnya.

Misi sosial yang diemban PT Jasa Raharja tidak sebatas pada upaya mempercepat layanan santunan pascakecelakaan lalu lintas, tetapi program pencegahan kecelakaan lalu lintas juga menjadi prioritas dalam upaya menekan jumlah korban.

Metode preventif kecelakaan yang dieksekusi merupakan hasil kompilasi program homogen dengan stakeholder dalam bentuk mudik gratis pada hari raya keagamaan (Idul Fitri dan Natal/Tahun Baru), pemasangan papan peringatan/traffic cone/water barrier, dan lain sebagainya.

Pelaksanaan program socio engineering yang melibatkan peran serta masyarakat untuk ikut berpartisipasi menjaga kecelamatan jiwa di jalan raya, juga dilakukan secara konsisten dalam bentuk pelatihan safety riding, safety campaign, aplikasi JR Safey Road, pelatihan penanganan gawat darurat, Forum Komunikasi Lalu Lintas, video keselamatan via medsos, dll.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com