Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Profesi Sektor Keuangan Favorit Gen Z Indonesia

Kompas.com - 15/01/2024, 21:39 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Survei The Institute of Chartered Accountants in England and Wales (ICAEW) menemukan akuntan profesional atau chartered accountant menjadi pilihan bagi generasi muda saat ini dalam menjejaki karier mereka di masa yang akan datang.

Survei yang dilaksanakan pada kuartal ketiga III-2023 yang melibatkan 248 responden dari kalangan Generasi Z dari berbagai demografi yang berbeda di Indonesia, khususnya dari para mahasiswa tingkat akhir dengan konsentrasi studi akuntansi dan para fresh graduate.

Survei menemukan, minat generasi muda Indonesia untuk membangun karier di bidang keuangan atau akuntansi didorong oleh beberapa faktor.

Baca juga: Riset di AS: Mayoritas Wanita Gen Z Yakin Mampu secara Finansial Hadapi Pensiun

Head ICAEW of Indonesia Conny Siahaan mengungkapkan, sebanyak 34,9 persen responden memilih jalur ini karena kesesuaian jurusan pendidikan dengan sektor keuangan atau akuntansi.

Selain itu, 22,9 persen responden melihat prospek karier yang baik dan jelas sebagai faktor penting dalam memilih karier di bidang ini.

"Mereka memandang bahwa profesi di bidang akuntansi atau keuangan mampu menawarkan peluang yang menarik dan menjanjikan," kata dia dalam keterangan resmi, ditulis Senin (15/1/2024).

Ia menambahkan, ketika membahas tentang sektor yang memiliki potensi besar dalam membangun karier masa depan, akuntan profesional menjadi pilihan yang mendominasi dengan jumlah persentase sebesar 32,3 persen. Peringkat disusul lembaga perbankan swasta pada posisi kedua.

Alasan utama yang membuat pilihan profesi akuntan profesional menjadi yang teratas karena adanya prospek pengembangan karier dan pengalaman yang pasti.

"Ini menggambarkan, responden melihat potensi perkembangan karier yang kuat dalam sektor ini," imbuh dia.

Namun demikian, Conny menyampaikan, profesi akuntan profesional memiliki beberapa tantangan yang mungkin akan dihadapi generasi muda.

Baca juga: Gen Z, Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Mengajukan Kartu Kredit

Jam kerja yang tidak menentu dan kejenuhan dengan pekerjaan yang monoton dianggap sebagai tantangan utama yang paling banyak dihadapi.

Namun, terlepas dari tantangan yang ada, sebagian besar responden memiliki profesi impian lain yang ingin dikejar jika tidak terjun di dunia kerja sebagai akuntan. Konsultan keuangan menjadi profesi impian yang paling dicari.

Conny menjabarkan, survei juga menunjukkan Big 4 yang terdiri dari Deloitte, PricewaterhouseCoopers (PWC), Ernst & Young (EY), dan KPMG adalah firma akuntansi yang paling dikenal oleh responden.

"Kami sangat senang menyambut antusiasme mahasiswa maupun fresh graduate yang hingga kini masih menaruh minat untuk menjalani karir sebagai akuntan profesional. Permintaan yang tinggi dalam industri ini mencerminkan kebutuhan yang terus berkembang dan menjadi cerminan vitalitas profesi," tandas dia.

Baca juga: Gen Z dan Milenial, Yuk Manfaatkan Bonus Akhir Tahun untuk Investasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com