Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Resmikan Pasar Rakyat Cepu Induk, Mendag Zulhas: Pemerintah Utamakan Kepentingan Masyarakat

Kompas.com - 21/01/2024, 21:17 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meresmikan Pasar Rakyat Cepu Induk, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (21/1/2024).

Adapun tahapan pembangunan Pasar Rakyat Cepu Induk berlangsung sejak Jumat (1/9/2023) hingga Jumat (29/12/2023). 

Untuk diketahui, Pasar Rakyat Cepu Induk dapat menampung 600 pedagang dengan jumlah kios 107 unit, los baru sebanyak dua unit, dan setiap unit los mampu menampung 256 titik.  

Komoditas  yang  dijual  di antaranya  barang  kebutuhan pokok, sayuran, jajanan pasar, pakaian, sepatu, tas, dan peralatan rumah tangga.

“Mudah-mudahan Pasar Rakyat Cepu Induk memberikan manfaat serta dipergunakan dengan baik. Insyaallah yang induk akan dibangun pada tahun ini,” ujar Zulhas, sapaan karibnya, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu.

Baca juga: Kemendag “Buka-bukaan” Alasan Kasih Izin TikTok Shop Kembali Dibuka

Pasar Rakyat Cepu Induk dirancang dengan berpedoman pada Standar Nasional Indonesia (SNI) Pasar Rakyat yang menekankan pada aspek kebersihan, keamanan, dan kenyamanan pengunjung sehingga meningkatkan transaksi perdagangan. 

Perlu diketahui, Pasar Cepu Induk direvitalisasi menggunakan anggaran Dana Tugas Pembantuan Tahun Anggaran 2023 senilai Rp 3 miliar melalui penugasan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 18 Tahun 2023.

Zulkifli pun berpesan agar pasar rakyat yang sudah dibangun dapat dikelola dan dipelihara dengan   baik   secara   konsisten. Dengan begitu, dapat mendukung aktivitas perdagangan dan perekonomian, khususnya masyarakat Cepu.

Pada kesempatan  tersebut,  Zulkifli juga menyampaikan bahwa pemerintah memperhatikan dan mengutamakan kepentingan masyarakat, mulai dari ketersediaan hingga harga barang kebutuhan pokok (bapok) yang terjangkau.

"Hari ini, saya bersama Bupati Blora meresmikan Pasar Rakyat Cepu Induk sekaligus mengecek harga-harga bapok dan ketersediaannya karena itu yang paling penting. Memperhatikan kepentingan masyarakat, apalagi kebutuhan pokok  itu  yang  utama. Ini perintah Presiden kepada seluruh Menteri,” kata Zulkifli.

Baca juga: Kemendag Gandeng Sucofindo Berikan Sertifikasi Halal untuk Mitra Binaan Produk Kosmetik

Berdasarkan pantauan Zulkifli, harga bapok saat ini relatif stabil. Harga beras premium misalnya, dibanderol seharga Rp 13.500 per kg, beras medium Rp 11.500 per kg, telur ayam Rp 24.500 per kg, dan daging sapi Rp 125.000 per kg. 

Selain itu, daging ayam Rp 35.000 per kg, cabai merah keriting Rp 47.000 per kg, cabai  rawit merah Rp 50.000 per kg, cabai rawit hijau Rp 25.000 per kg, bawang  merah Rp 32.000 per kg, bawang putih Rp 30.000 per kg, minyak goreng kemasan premium Rp 19.900, minyak goreng Minyakita Rp 14.000 per liter, dan minyak goreng curah Rp 14.500 per liter.

Pada kesempatan sama, Bupati Blora Arief Rohman mengapresiasi Kementerian Perdagangan (Kemendag) atas bantuan dalam pembangunan Pasar Rakyat Induk Cepu.

“Kami atas nama masyarakat Cepu, khususnya Pasar Rakyat Cepu Induk mengucapkan terima kasih   atas bantuan yang diberikan. Semoga membawa keberkahan dan memberikan manfaat positif untuk perekonomian di wilayah Cepu dan sekitarnya,” kata Arief. 

Dorong kewirausahaan masyarakat

Usai meresmikan Pasar Rakyat Cepu Induk, Mendag Zulkifli berdialog dengan masyarakat sekitar di Gedung Dakwah Muhammadiyah.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com