Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Pinjam Uang di Agen BRILink? Simak Syaratnya

Kompas.com - 24/01/2024, 23:44 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

KOMPAS.com - Masyarakat yang ingin mendapatkan layanan keuangan ultra mikro tidak perlu lagi datang ke bank. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BRI memudahkan penyaluran pinjaman dan layanan segmen mikro lainnya melalui Agen BRILink.

Layanan Agen BRILink membantu para nasabah yang kesulitan mengakses kantor cabang bank di daerahnya. Selain itu, nasabah juga tidak perlu capek mengantre bila mencari layanan keuangan lewat Agen BRILink.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan, layanan ultra mikro (UMi) di Agen BRILink meliputi pembukaan rekening Simpedes UMi, Tabungan Emas, dan pengajuan pinjaman UMi.

Baca juga: Pembangunan Kampung Relokasi Warga Rempang Tak Kunjung Dimulai, PUPR: Belum Ada Dana

Supari menegaskan, BRI selalu berusaha memberikan kemudahan akses layanan keuangan dan perbankan kepada nasabah, termasuk nasabah ultra mikro.

Nasabah ultra mikro yang membutuhkan pinjaman dana juga bisa dengan mudah memperoleh pinjaman UMi melalui Agen BRILink. Dana pinjaman ini bisa digunakan nasabah ultra mikro untuk menopang usahanya.

Lantas, apa saja syarat untuk mengajukan pinjaman ultra mikro di Agen BRILink? 

Syarat pengajuan pinjaman ultra mikro

Supari memaparkan ada sejumlah syarat untuk mengajukan pinjaman UMi melalui Agen BRILink. Berikut persyaratannya: 

Baca juga: Pemkot Denpasar Tetapkan Tarif Pajak Hiburan 15 Persen

  • Peminjam harus Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Memiliki usaha yang sudah berjalan minimal tiga bulan.
  • Berumur 21 tahun atau sudah menikah.
  • Memiliki KTP.
  • Memiliki surat keterangan usaha (SKU) dari Kepala Desa atau Ketua RT atau Kepala Pasar atau Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan).

Supari menuturkan, suku bunga yang diberikan mulai dari 6 persen per tahun berdasarkan skema dan jenis produk kredit yang diberikan kepada calon debitur. Sedangkan jangka waktu kreditnya maksimal 5 tahun per 60 bulan.

Proses penilaian dan kelayakan kredit atas calon debitur yang mengajukan permohonan melalui UMI Corner akan dilakukan oleh Tenaga Pemasar BRI (Mantri) sesuai dengan wilayah domisili calon debitur.

Baca juga: Luhut: Tidak Benar Pabrik Tesla di Shanghai Menggunakan 100 Persen LFP...

Layanan gadai di Agen BRILink

Selain itu, kini masyarakat juga bisa mengajukan gadai lewat Agen BRILink. Layanan ini dapat tersedia di Agen BRILink karena PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) membentuk holding ultra mikro bersama BRI.

Nasabah bisa mengajukan gadai di Agen BRILink terdekat yang sudah memasang tulisan “BRILink Gadai”. Perhiasan atau logam mulia dapat diajukan untuk memperoleh pinjaman gadai yang langsung cair pada hari yang sama.

Layanan pinjaman gadai di Agen BRILink ini sama persis seperti di kantor Pegadaian. Semua layanan BRILink Gadai juga diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dan telah mendapat sertifikasi penaksir Gadai oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). (Ridwal Prima Gozal)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Layanan Ultra Mikro di Agen BRILink dari BRI Bisa Diakses dengan Syarat Mudah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com