Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Lewat Pendampingan dan Arahan Strategi Pasar, Andrio Caesario Harap Petani Jagung Bisa Sejahtera

Kompas.com - 31/01/2024, 19:58 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com – Pengusaha Andrio Caesario punya concern sendiri terhadap petani jagung di Indonesia. Ia menilai bahwa petani jagung di Indonesia masih jauh dari kesejahteraan.

Sebab, tingginya harga jagung tak serta-merta membuat petani bisa mendapat untung akibat biaya budidaya yang tinggi serta tantangan lain, seperti bencana dan curah hujan tinggi yang membuat kadar air dalam jagung juga tinggi dan membuat harganya jatuh.

Hal itu lalu mendasari dirinya untuk berkontribusi dalam membangun usaha Perkebunan Agro Nusantara pada 2018. Lewat perkebunan ini, pria kelahiran 28 Desember 1983 tersebut terlibat aktif dalam pendampingan petani jagung untuk mengedukasi tata cara pascapanen dan menaikkan kualitas hasil panen sehingga harga yang diterima dapat meningkat.

“Saya juga mau mereka (para petani) lepas dari jerat tengkulak. Kami lakukan pendampingan agar hasil pertanian berkualitas, lalu dipikirkan strategi penjualan ke feed mill dan perusahaan besar,” ujarnya dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (31/1/2024).

Bukan buruh, melainkan pengusaha

Lewat startegi itu, ia dapat mendorong petani lebih percaya diri untuk tidak lagi menjual hasil panen pada ternak kecil karena kualitas panen yang buruk.

“Kami awasi pemberian bantuan pemerintah berupa bibit dan pupuk bagi petani agar tepat sasaran. Hal terpenting, edukasi yang diberikan bermanfaat sehingga petani tak lagi dipandang sebagai buruh lagi, tapi pengusaha,” tegas suami dari Jihan Soemawisastra tersebut.

Sebagai informasi, pertanian masih merupakan bidang baru yang ditekuni Andrio. Sebelumnya, ia berkesibukan di bidang minyak dan energi setelah sebelumnya juga pernah punya pengalaman pada perusahaan investasi dan sekuritas.

Pada Mei 2017 hingga Januari 2018 ia menjabat sebagai Direktur Unit Produksi CBM dan Penjualan di PT Sustraco Adikreasi Indonesia. Sebelumnya, ia juga sempat menjabat sebagai Managing Director dan CEO di PT Sugihtek Sinergi pada 2014 hingga 2017.

Sementara itu, bidang investasi dan sekuritas dilakoni Andrio saat bekerja di PT Intifikasi Securindo sebagai Kepala Direktur Asosiasi Investasi dan Ekuitas pada 2013 dan 2014, setelah sebelumnya sempat mencicipi pengalaman sebagai Manajer Investasi, Ekuitas, dan Manajemen Risiko di PT Mahakarya Artha Securities sejak 2008.

“Banyak pengalaman membuat saya pada akhirnya ingin memberikan manfaat bagi masyarakat. Saat ini, yang saya bisa bagi untuk para petani jagung. Hingga kini, kami fokus mengupayakan manajemen edukasi penjualan dan permodalan dari kredit usaha rakyat (KUR). Harapannya, para petani bisa mandiri,” ujar anak dari pasangan Sophia Dalisme
dan Zaini Raja tersebut.

Lewat perkebunan yang dibangunnya itu, Andrio mengaku telah membina petani jagung di beberapa lokasi, yakni, Tojo Una-Una Ampana, dan Luwuk Banggai untuk petani di Sulawesi Tengah, Desa Kayoa di Halmahera Selatan, serta Kabupaten Garut, Jawa Barat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com