Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Optimalkan Bisnis Kurir, KAI Logistik Perluas Jaringan Layanan Penjemputan Paket

Kompas.com - 02/02/2024, 15:44 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - KAI Logistik, anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero) memperkuat terobosan optimasi bisnis kurir melalui Kalog Express. Salah satunya melalui perluasan jaringan layanan penjemputan dan pengantaran ke alamat tujuan.

Layanan tersebut diwujudkan melalui aplikasi KAI Logistik TRAX dan berlaku untuk radius 10 km dari titik service point KALOG Express dengan waktu penjemputan di hari yang sama untuk pemesanan sebelum pukul 12.00.

TLN Ahmad Malik Syah, Direktur Utama KAI Logistik menjelaskan, dinamika di industri logistik menjadi tantangan sekaligus peluang khususnya bagi segmen layanan kurir.

Baca juga: KAI Logistik Kembangkan Layanan Kurir dengan KALOG Express

Ilustrasi UMKM. Dok. Shutterstock Ilustrasi UMKM.

"Kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses layanan kini menjadi prioritas dan merefleksikan komitmen customer-oriented. Untuk itu KALOG Express melakukan ekstensifikasi layanan melalui perluasan jaringan layanan penjemputan paket termasuk pengantaran hingga ke alamat tujuan melalui aplikasi KAI Logistik TRAX," kata Malik dalam keterangannya, Jumat (2/2/2024).

Menurut dia, layanan tersebut ditargetkan dapat menjangkau lebih dari 70 titik kota/kabupaten yang dilakukan secara bertahap.

“Sejak diperkenalkan pada 2022, layanan penjemputan masih terbatas di 6 kota dan pada hari ini layanan penjemputan tersedia di 12 kota/kabupaten diantaranya Bandar Lampung, Jakarta, Bekasi, Cikampek, Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Ketapang, Denpasar dan akan dilanjutkan ke 60 kota/kabupaten lainnya dalam waktu dekat,” lanjut Malik.

Dengan mengedepankan inovasi kemudahan layanan, aplikasi KAI Logistik TRAX kian unggul dengan berbagai penyempurnaan di antaranya diversifikasi produk layanan yang dapat dikirim menggunakan aplikasi KAI Logistik TRAX.

Baca juga: KAI Logistik Kelola Lebih dari 28 Juta Ton Volume Logistik pada 2023

Sebelumnya, aplikasi KAI Logistik TRAX hanya memfasilitasi pengiriman dan pengantaran dokumen dan paket dengan berat maksimal 10 kg, kini dapat melayani pengiriman berupa dokumen, paket, sepeda hingga sepeda motor dengan berat maksimum 300 kg.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com