Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KAI Logistik Targetkan Pendapatan Rp 1,1 Triliun hingga Akhir 2023

Kompas.com - 30/09/2023, 15:26 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - KAI Logistik, anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero), menargetkan pencapaian kinerja yang solid hingga akhir tahun 2023. Hingga Agustus 2023, KAI Logistik telah membukukan pendapatan sebesar Rp 705 miliar dengan laba sebesar Rp 62 miliar.

Sementara, pada sisi kinerja volume angkutan, KAI Logistik telah mengelola lebih dari 19 juta ton dengan kontributor terbesar pada layanan pengelolaan batu bara sebesar 17 juta ton, angkutan kontainer 1,2 juta ton, dan angkutan non kontainer 520.000 ton yang mencakup komoditi semen dan limbah B3.

Hingga Desember 2023, KAI Logistik memproyeksikan mampu membukukan pendapatan sebesar Rp 1,1 triliun dan laba komprehensif sebesar Rp 112 miliar, serta total aset Rp 987 miliar.

Baca juga: KAI Logistik Sediakan Layanan Freight Forwarding

KAI Logistik Sediakan Layanan Freight ForwardingKai logistik KAI Logistik Sediakan Layanan Freight Forwarding

TLN Ahmad Malik Syah, Direktur Utama KAI Logistik dalam siaran pers, Sabtu (30/9/2023) mengungkapkan, pencapaian ini ditopang oleh keandalan perseroan sebagai Badan Usaha Angkutan Multimoda dalam menangani jasa logistik dengan produk unggulan seperti KALOG Express, KALOG Plus dan KALOG Pro.

Tahun 2023, KAI Logistik juga memulai proyek strategis, seperti pembangunan Coal Unloading Terminal Kramasan berkapasitas 20 sampai 40 juta ton per tahun, serta ekspansi layanan dengan menghadirkan Domestic Freight Forwarding Untuk memenuhi layanan logistik lintas pulau.

Dalam keandalan infrastruktur dan fasilitas, KAI Logistik juga menyediakan infrastruktur bongkar muat batu bara di Sumatra Selatan dengan menghadirkan conveyor belt system yang diintegrasikan dengan shiploader.

Dengan shiploader berkapasitas 1.500 ton per jam tersebut, KAI Logistik mampu melakukan pemuatan batu bara ke tongkang dalam waktu 5 sampai 6 jam yang sebelumnya memerlukan waktu hingga 30 jam menggunakan dump truck.

Baca juga: Permudah Distribusi Hasil Perikanan, KKP Gandeng PT KAI Logistik

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com