Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut: Yang Bilang Jokowi Enggak Bisa Kerja, Lihat dengan Kepalanya Ini!

Kompas.com - 07/02/2024, 14:01 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyinggung pernyataan pihak yang menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak bisa bekerja.

Menurut dia, orang yang berbicara seperti itu tak melihat sejumlah keberhasilan Jokowi, salah satunya dalam mendorong sektor pariwisata.

Hal itu diungkapkan Luhut dalam konferensi pers F1 PowerBoat (F1H20) dan Aquabike Jetski World Championhip di Kantor Kemenkeo Marves, Jakarta, Rabu (7/2/2024).

Baca juga: Luhut Sanjung Gibran yang Jago Menata Kota Solo

Ia menuturkan, penyelenggaran F1 PowerBoat di Danau Toba, Sumatera Utara telah diakui pemegang lisensi, H2O Racing, bahwa Indonesia menjadi penyelenggara terbaik di dunia.

Adapun ajang balap perahu berskala internasional itu dilaksanakan pertama kali di Indonesia pada 2023.

"Indonesia telah dinobatkan sebagai penyelenggara terbaik oleh H2O Racing untuk penyelenggaraan F1 Power Boat," kata Luhut.

"Waktu acara itu hampir selesai, memang pemilik lisensi menyampaikan kepada saya bahwa penyelenggaraan ini hebat dan memberikan selamat kepada InJourney," imbuh dia.

Ia pun menyebutkan, penyelenggaraan ajang internasional di Danau Toba itu menjadi salah satu keberhasilan Jokowi. Menurut Luhut, orang Batak pun mengapresiasi ajang tersebut.

"Saya kira orang Batak tidak pernah membayangkan akan terjadi seperti ini di Tanah Batak. Itu terjadi karena kerja sama kita semua dan di bawah kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodo," kata dia.

"Jadi kalau ada yang bilang Pak Jokowi enggak bisa kerja, lihat dengan kepalanya ini," lanjut Luhut.

Dia menjelaskan, penyelenggaraan F1 PowerBoat di Danau Toba telah berdampak pada perekonomian Indonesia. Pada penyelenggaran 2023, telah menyumbang Rp 1,68 triliun ke perekonomian nasional, serta mendatangkan 100.000 wisatawan ke Danau Toba.

Selain itu, penyelenggaraan F1 PowerBoat sekaligus memperkenalkan destinasi-destinasi wisata baru di kawasan Danau Toba kepada para turis. Alhasil, berdampak pula pada aktivitas ekonomi di wilayah sekitar.

"Kegiatan-kegiatan internasional juga memperkenalkan destinasi wisata baru kepada tourism domestik. Seperti contoh Waterfront City Pangururan yang dibangun, dan juga kawasan Pantai Sinalsal Tongging di Karo, ini juga usaha masyarakat untuk tumbuh beriringan, masuknya wisatawan yang penasaran dengan lokasi penyelenggaraan event ini," papar Luhut.

Baca juga: Erick Thohir Carikan Pengganti Ahok yang Mundur dari Komut Pertamina

Sebelumnya, memang sempat viral pernyataan Politikus PDI-P, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang mempertanyakan apakah Jokowi bisa bekerja.

Dalam video yang tersebar di media sosial TikTok dan X, Ahok terlihat sedang dalam forum berbincang dengan masyarakat. Ia melontarkan berbagai pertanyaan kepada seorang ibu yang menyatakan akan memilih paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pada kesempatan itu, Ahok menjelaskan tak ingin memilih presiden yang tidak sehat, emosional, dan tak bisa bekerja. Dia pun khawatir jika nantinya Gibran yang justru naik jabatan.

"Kita khawatir kalau tiba-tiba Gibran yang naik. Tapi presiden kalau cuma 2 tahun, karakter teruji kalau ada kekuasaan. Sekarang saya mau tanya, di mana ada bukti Gibran bisa kerja selama jadi Wali Kota?," tanya Ahok.

"Terus ibu kira Pak Jokowi juga bisa kerja? Saya lebih tahu, makanya sebenarnya saya nggak enak bilang depan umum," imbuh Ahok.

Baca juga: Luhut Balas Pengkritik Kereta Cepat: Sekarang Semua Menikmati

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com