Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sediakan Teknologi Terkini, Elnusa Bantu Pertamina Cari Kandungan Hidrokarbon di Prabumulih Field

Kompas.com - 07/02/2024, 21:33 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan jasa energi PT Elnusa Tbk (ELSA) selama 20 tahun lebih membantu PT Pertamina EP Prabumulih Field (bagian dari PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Regional Sumatra Zona 4 Subholding Upstream Pertamina) mencari kandungan hidrokarbon di wilayah tersebut.

Layanan berupa teknologi terkini dari Elnusa juga membantu mendorong peningkatan produksi gas di area tersebut. Layanan Elnusa antara lain Wireline Logging Services, Mud Logging Unit, dan Drilling Fluid Services.

Direktur Operasi Elnusa, Endro Hartanto mengungkapkan, kiprah Elnusa di Prabumulih Field sudah berlangsung lebih dari 20 tahun. Selama masa tersebut, Elnusa turut membantu PT Pertamina EP mencari kandungan hidrokarbon, terutama melalui jasa Wireline Logging Services.

"Untuk pekerjaan Wireline Logging di area Zona 4 Prabumulih Field, kami turut berperan pada kegiatan Open-Hole Logging, Cased-Hole Logging hingga kegiatan Perforasi serta Pipe Recovery," kata Endro melalui keterangannya, Rabu (7/2/2024).

"Elnusa menyediakan teknologi-teknologi terkini sehingga memberikan bukti nyata melalui capaian produksi yang sesuai dari target yang telah ditentukan," tambahnya.

Baca juga: RUPSLB Elnusa 2024 Setujui Perubahan Dewan Komisaris dan Direksi

Untuk layanan Wireline Logging, Elnusa memberikan kualitas data terbaik dengan hasil perekaman dari peralatan-peralatan terbaru dan high tech. Sehingga pihak PT Pertamina EP pun optimis dalam upaya mencari tambahan sumber daya migas di Prabumulih Field.

"Selama ini record pekerjaan Elnusa cukup bagus, baik dari sisi harga maupun kualitas data yang diberikan cukup kompetitif. Artinya dalam layanan, kami memberikan best value, nilai yang bagus dengan harga yang bagus bagi klien," lanjut Endro.

Kemudian, untuk mendapatkan hasil kerja maksimal, Elnusa mendorong aspek HSSE (Health Safety Security and Environment) atau keselamatan kerja. Untuk itu, Elnusa melakukan perekrutan SDM terbaik untuk mendukung pekerjaan di Prabumulih Field.

"Kami gencar menyampaikan himbauan terkait keselamatan kerja serta memberikan training bahkan sampai ke pihak provider pemilik teknologi, sehingga sampai saat ini Elnusa bisa mencapai Zero Accident tanpa injury dan fatality semenjak Elnusa berada di sana," jelas Endro.

Baca juga: Elnusa Andalkan Rig Cyber EMR-01 untuk Perkuat Ekplorasi Hulu Migas di RI

Produksi Prabumulih Field

Sebagai informasi, PT Pertamina EP Prabumulih Field telah berhasil menuntaskan pengeboran tiga sumur pengembangan yaitu PMN 12, 13, dan 14 di Desa Lecah, Kecamatan Lubai Ulu, Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan.

Hasilnya, diperoleh gas in di Stasiun Pengumpul Gas (SPG) Pakugajah Qg sebesar 11,82 MMSCFD (juta standar kaki kubik per hari) yang merupakan gabungan dari sumur PMN 12, 13, dan 14, pada 22 Januari 2024.
Saat ini, produksi minyak dari PHR Regional Sumatera Zona 4 sekitar 24.000 bopd (barel per hari) dan produksi gas sebesar 452 MMSCFD.

Peningkatan produksi gas di Prabumulih Field tersebut menurut Endro membuktikan potensi hidrokarbon yang masih menjanjikan di sana.

Ke depannya, Endro mengatakan Elnusa akan terus mendukung dengan memberikan services dari solusi total jasa energi yang unggul guna mencapai target produksi dari Pertamina EP.

"Serta, turut berkontribusi dalam mewujudkan target Pemerintah terkait produksi minyak 1 juta barel per hari dan produksi gas 12 BSCFD pada tahun 2030 mendatang," tutup Endro.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com