Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IFG Angkat Kembali Ari Wahyuni Jadi Komisaris Jamkrindo

Kompas.com - 12/02/2024, 17:32 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) yang dikenal dengan Indonesia Financial Group (IFG) selaku pemegang saham PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) mengangkat kembali Ari Wahyuni sebagai Komisaris PT Jamkrindo.

Pengangkatan kembali Ari Wahyuni ditetapkan dalam Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara dan Direktur Utama Perusahaan Perseroan (Persero) PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia Nomor SK-35/MBU/02/2024 dan Nomor 3/KepSir-PS/BPUI/II/2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Dewan Komisaris PT Jaminan Kredit Indonesia.

Sekretaris Perusahaan IFG Oktarina Dwidya Sistha mengatakan, pengangkatan kembali Ari Wahyuni merupakan salah satu upaya IFG sebagai holding dalam meningkatkan tata kelola dan memastikan efektivitas operasional serta strategi bisnis yang berkelanjutan di anak perusahaan.

Baca juga: Jamkrindo Perkuat Digitalisasi Proses Penjaminan dan Klaim

“Kami mengucapkan terima kasih atas bimbingan dan pengawasan yang diberikan Ibu Ari Wahyuni selama menjadi Komisaris Jamkrindo sehingga Jamkrindo berhasil menavigasi kinerja finansial perusahaan secara positif dengan pengelolaan risiko secara terukur dan prudent. Mengingat kontribusi yang telah diberikan, maka pemegang saham merasa perlu melakukan pengangkatan kembali ibu Ari Wahyuni sebagai Komisaris PT Jamkrindo,” kata dia dalam dalam keterangan resmi, Senin (12/2/2024).

Sebagai perusahaan penjamin, Sistha mengungkapkan Jamkrindo akan meningkatkan aksesibilitas finansial UMKM kepada lembaga keuangan.

Oleh karena itu, Jamkrindo memberikan layanan penjaminan yang mempermudah UMKM memperoleh akses pembiayaan kepada lembaga keuangan. Jamkrindo juga akan melakukan kegiatan pendampingan untuk UMKM agar UMKM lebih berdaya saing.

Baca juga: Gandeng Jamkrindo, BCA Beri Penjaminan KUR ke UMKM

"Kehadiran Ari Wahyuni diharapkan dapat memperkuat pengawasan terhadap Jamkrindo," imbuh Sistha.

Ari Wahyuni lahir di Surabaya tahun 1966. Ia menempuh pendidikan S-1 Hukum Keperdataan di Universitas Diponegoro dan S-2 Master of Public Management, Public Management di Carnegie Mellon University, Amerika Serikat.

Ari Wahyuni mengawali karirnya di Kementerian Keuangan pada tanggal 1 Oktober 1990 dan saat ini menduduki posisi Kepala Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan, Sekretariat Jenderal. Atas pengabdiannya, Presiden Republik Indonesia menganugerahkan penghargaan Satyalancana Karya Satya.

Baca juga: Perkuat Pelayanan, Jamkrindo Resmikan Kantor Baru di Padang

Berikut ini adalah susunan terbaru jajaran komisaris Jamkrindo.

  • Krisna Wijaya: Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen
  • Hernita Alius: Komisaris Independen
  • Desty Arlaini: Komisaris
  • M. Muchlas Rowi: Komisaris Independen
  • Ari Wahyuni: Komisaris
  • Angger P. Yuwono: Komisaris

Demikian adalah jajaran komisaris Jamkrindo terbaru.

Baca juga: Ini Cara Jamkrindo Bantu UMKM Go International

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com