Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada KPR Green Financing dari BRI, Apa itu?

Kompas.com - 16/02/2024, 18:14 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memiliki program kredit pemilikan rumah (KPR) Green Financing sejak 2021.

Selain hunian, program ini juga mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDG) dan kepedulian terhadap pemeliharaan lingkungan, khususnya terkait dengan energi terbarukan.

Direktur Konsumer BRI Handayani mengatakan, program ini ditujukan bagi para pengembang atau developer rekanan BRI yang mendapatkan keistimewaan sebagai pengembang hijau (developer green).

Baca juga: Siap-siap, BRI Bakal Tebar Dividen dari Laba 2023

Program KPR Green Financing ini menawarkan uang muka (down payment/DP) mulai 0 persen dan suku bunga terbaik hanya 4,65 persen fixed 3 tahun atau 5,65 persen fixed 5 tahun, maupun jangka waktu panjang hingga 20 tahun.

BRI menargetkan dapat ikut berkontribusi menyukseskan peneraapan program green development sebesar Rp 2,5 triliun.

"Pembiayaan hijau atau green financing atau sustainability-linked financing semakin dibutuhkan pada masa mendatang, seiring dengan tuntutan keberlanjutan lingkungan di berbagai sektor, termasuk keuangan," kata dia dalam keterangan resmi, Jumat (16/2/2024).

Ia menambahkan, perlunya masyarakat memiliki rumah sehat yang berwawasan lingkungan. Hal tersebut bertujuan agar kehidupan penghuni di dalamnya semakin berkualitas.

Meski sudah menunjukkan peningkatan, Handayani berharap tetap ada dukungan penuh baik dari pemerintah, pengusaha atau developer maupun para calon nasabah.

Di antaranya berupa pedoman teknis bagi bank untuk mengimplementasikan perbankan hijau agar mempermudah dalam melakukan evaluasi kepatuhan maupun peningkatan kapasitas.

Dari sisi developer, ia berharap semakin banyak yang memperhatikan program pembangunan hijau. Salah satunya dengan melakukan self assessment Green Concept serta mendaftarkan diri jika hasil tes memadai.

"Sementara itu, untuk masyarakat secara umum diharapkan semakin sadar akan pentingnya green concept," sebut dia.

Baca juga: Syarat Pengajuan KPR FLPP di BRI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com