Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Tingkatkan Produktivitas hingga 67 Persen, Software ERP Bisa Jadi Kunci Sukses Bisnis pada 2024

Kompas.com - 25/02/2024, 09:38 WIB
Putri Rahmadhini,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penerapan software enterprise resource planning (ERP) bakal menjadi kunci sukses bisnis pada 2024. Sebab, software tersebut mampu menaikkan produktivitas perusahaan hingga 67 persen, sebagaimana hasil riset Ukirama pada Selasa (12/12/2023).

Riset tersebut melibatkan 120 responden dari 42 perusahaan berskala menengah hingga besar di Indonesia. Perusahaan-perusahaan ini telah mengadopsi software ERP setidaknya selama 1 tahun terakhir.

Dari segi efisiensi, penggunaan software ERP turut mempercepat kinerja karyawan divisi accounting, finance, dan supply chain. Masih berdasarkan riset yang sama, implementasi ERP terbukti menghemat waktu manajemen toko dalam merekap data dan membuat laporan jadi 82 persen lebih cepat.

Efisiensi juga terlihat pada manajemen supply chain yang mampu menghemat waktu hingga 59 persen dalam pembuatan laporan stok. Sementara, divisi accounting dan finance berhasil mengurangi waktu pembuatan laporan keuangan sebesar 57 persen.

Co-founder gerai food and beverages, Feel Matcha, Michael Wibisana, merasakan manfaat setelah menggunakan Ukirama ERP. Hasilnya, makanan dan minuman yang terbuang (food waste) berkurang hingga 50 persen.

“Kami ingin tahu, apakah pendistribusian dari central kitchen ke setiap outlet itu sudah optimal atau belum. Sebelumnya, kami kesulitan untuk tracking, produk, atau bahan baku mana saja yang kami waste di setiap outlet,” jelas Michael seperti yang tertuang dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Jumat (23/2/2024).

Direktur Ukirama, Kevin Eka Putra, mengatakan bahwa Ukirama hadir untuk menjawab kebutuhan bisnis di Indonesia atas software ERP yang sederhana, ramah pengguna (user-friendly), dan didukung dengan support team yang andal.

Ukirama, lanjutnya, menyediakan layanan software-as-a-service (SaaS) berbasis cloud dan modul-modul unggulan, seperti dasbor business intelligence, inventory management, manufacturing, hingga payroll dalam satu software.

“Para pemilik bisnis (yang menggunakan software ERP) melaporkan kenaikan efisiensi sebesar 67 persen. Ini suatu lonjakan yang besar,” terang Kevin.

Sebagai informasi, didirikan pada 2016, Ukirama memenangkan berbagai penghargaan dan menjadi salah satu partner sponsor dalam SKALA Startup Accelerator 2023.

Tahun ini, Ukirama menjalin kemitraan di bidang pendidikan dengan University of New South Wales, khususnya dalam layanan business consulting, setelah bekerja sama dengan penyedia aplikasi point of sales EasyEat dan Quinos.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com