Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Menghemat Uang Belanja Saat Harga Bahan Pokok Melonjak

Kompas.com - 26/02/2024, 07:31 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah harga bahan pokok melonjak dalam beberapa waktu terakhir. Jika Anda tidak menghasilkan banyak uang atau jika Anda terkena dampak kenaikan harga bahan pokok, Anda mungkin mencari cara untuk menghemat uang untuk belanja bahan makanan.

Penting untuk benar-benar mulai mempertimbangkan perbedaan antara kebutuhan dan keinginan ketika masa-masa sulit.

Salah satu cara termudah untuk menghemat uang untuk membeli makanan adalah dengan mengurangi jumlah belanjaan Anda. Namun, ada juga beberapa langkah lainnya yang dapat Anda lakukan untuk menghemat uang belanja.

Baca juga: 12 Cara Menghemat Biaya Renovasi Rumah agar Tak Membengkak

Ilustrasi belanja di supermarket atau pasar swalayan.SHUTTERSTOCK/STOKKETE Ilustrasi belanja di supermarket atau pasar swalayan.

Dikutip dari The Balance, Senin (26/2/2024), berikut beberapa cara menghemat uang belanja saat harga-harga pangan melonjak.

1. Cari diskon

Salah satu cara termudah untuk menghemat uang belanja adalah dengan membeli barang-barang yang sedang diskon. Jika Anda tahu bahwa Anda akan sering menggunakan produk tertentu, maka belilah sebagai stok.

Anda dapat membekukan sebagian besar daging setidaknya selama tiga bulan dengan aman. Produk kertas seperti tisu dan barang lainnya memiliki umur simpan lebih lama.

Anda mungkin perlu mempertimbangkan dengan hati-hati jumlah produk yang Anda beli, namun Anda dapat berbelanja penjualan dengan membeli apa pun yang sedang dijual pada minggu itu.

Baca juga: Simak 5 Cara Menghemat Listrik agar Tagihan Tak Membengkak

2. Biasakan membuat daftar belanja

Anda akan menghemat banyak uang untuk membeli bahan makanan jika Anda membawa daftar belanja. Penting untuk tetap berpegang pada daftar dan memastikan bahwa Anda membeli semua yang ada di dalamnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com