Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pentingnya Asuransi, agar Ibadah Biaya Haji Plus Tak Terkendala Fluktuasi Dollar AS

Kompas.com - 27/02/2024, 18:14 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan produk asuransi tetap diperlukan saat ibadah Haji Plus, agar ibadah spiritual tersebut berlangsung aman dan nyaman. Untuk itu, Sun Life Indonesia dan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk memperkenalkan produk Asuransi Salam Hijrah Arafah USD (ASHAR) di Jakarta, Selasa (27/2/2024).

Chief Distribution Officer & Sharia Director Sun Life Indonesia Danning Wikanti mengatakan, pengenalan produk ini memperkuat kemitraan strategis antara Sun Life Indonesia dan Bank Muamalat.

Menurut Danning, Asuransi Salam Hijrah Arafah USD dirancang sedemikian rupa bagi nasabah affluent Bank Muamalat yang tetap berakar dalam nilai-nilai Islam.

"Dengan hanya membayar Kontribusi Asuransi Berkala selama 5 tahun, nasabah dapat menikmati perlindungan selama 10 tahun, sehingga dapat dijadikan pilihan untuk memberikan ketenangan hati dan perlindungan finansial yang komprehensif kepada jemaah Haji Plus," kata Danning melalui keterangan pers, Selasa (27/2/2024).

Baca juga: Klaim Asuransi Kesehatan Melonjak 24,9 Persen, Imbas Inflasi hingga Perubahan Iklim

Sementara SEVP Retail Banking Bank Muamalat Dedy Suryadi Dharmawan mengatakan, produk Asuransi Salam Hijrah Arafah USD dari Sun Life ditawarkan secara eksklusif melalui Bank Muamalat.

Menurut dia, penawaran tidak hanya memperkuat komitmen pionir bank syariah di Tanah Air ini untuk memperluas basis nasabah dalam mata uang dollar AS, tetapi juga memberikan ketenangan hati kepada nasabah selama persiapan dan perjalanan suci Haji Plus mereka.

”Melalui kolaborasi ini, kami berupaya menjadikan Haji Plus lebih aman dan berkesan bagi nasabah yang melakukan perjalanan spiritual ini, Selain sebagai solusi yang inovatif, inisiatif ini juga memberikan ketenangan hati kepada jemaah Haji Plus sepanjang perjalanan mereka ke tanah suci,” ujarnya.

Baca juga: Pendapatan Industri Asuransi Jiwa Turun 2 Persen Sepanjang 2023

Pasar Haji Plus RI

Sebagai informasi, Indonesia dengan populasi sekitar 231 juta umat muslim atau 86,7 persen dari seluruh penduduknya, Indonesia merupakan negara yang memiliki populasi muslim terbesar di dunia, menyumbang sekitar 13 persen dari jumlah total muslim di dunia.

Di tengah komunitas muslim yang begitu besar ini, biaya perjalanan ibadah ke tanah suci menjadi perhatian penting yang memerlukan perencanaan finansial yang matang.

Haji Khusus, yang juga dikenal sebagai ONH Plus atau Haji Plus, adalah bentuk ibadah haji yang diselenggarakan oleh Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) melalui travel Haji Plus yang dioperasikan secara swasta dan diawasi oleh Kementerian Agama.

Tren biaya Haji Plus dari tahun ke tahun terus mengalami kenaikan. Salah satu faktor yang berkontribusi pada kenaikan biaya Haji Plus adalah fluktuasi kurs dollar AS terhadap Rupiah, yang dapat berdampak pada biaya perjalanan dan perencanaan finansial para calon jemaah Haji Plus.

Sebagai tambahan informasi, Sun Life telah beroperasi di sejumlah pasar utama di seluruh dunia, termasuk Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Irlandia, Hong Kong, Filipina, Jepang, Indonesia, India, Tiongkok, Australia, Singapura, Vietnam, Malaysia, dan Bermuda.

Per 30 September 2023, Sun Life memiliki total aset kelolaan sebesar CAD 1,34 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com