Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengusaha Prediksi Harga Beras Akan Turun Saat Ramadhan

Kompas.com - 28/02/2024, 14:40 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras (Perpadi) Billy Hartanto memprediksi harga beras akan turun saat bulan Ramadhan.

Hal itu sejalan dengan masuknya stok beras untuk diolah oleh pengusaha penggilingan padi dari petani lokal dengan adanya musim panen. Berdasarkan laporan Kementerian Pertanian musim panen raya akan terjadi pada Maret hingga Mei.

Dengan adanya panen raya itu pun dinilai bisa meyeimbangkan antara permintaan dan ketersediaan beras.

Baca juga: Pengusaha: Beras Langka di Ritel karena Diborong Caleg

“Mahal kan juga karena hukum alam, kalau permintaan banyak sementara stok sedikit, harga mahal. Nah, ini Ramadhan 100 persen saya jamin akan turun harganya, turun terus,” ujar Billy di Jakarta, Rabu (28/2/2024).

Lebih lanjut Billy mengungkapkan, saat ini saja harga beras sudah mulai turun, berangsur sejak 2 minggu yang lalu. Penurunan harganya pun saat ini sudah mencapai Rp 1.000 per kilogram.

Penurunan beras ini masih akan terus berlanjut hingga Ramadhan nanti. Bahkan penurunan harga itu dinilai juga bisa membuat pengusaha mengalami penurunan omzet sampai 20 persen.

“ Ini pengusaha lebih ngerti yah, Lebaran atau puasa nanti sepi pasti. Tapi nanti begitu habis Lebaran aka normal kembali,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Pangan Nsional (Bapanas) Arief Prasetyo mengungkapkan, salah satu syarat agar harga beras bisa turun adalah produksi beras di Tanah Air berlimpah.

Harga akan turun jika pada saat produksi menyentuh di tas 2,5 juta ton. Nah sekarang, dengan kondisi sekarang (tak ada produksi) harga bisa turun lagi ke bawah Rp 12.000 per kilogram? Enggak mungkin,” ujar Arief kepada media di Jakarta, Kamis (11/1/2023). 

Baca juga: Dirut Bulog: Pasokan Beras di Pasar Karawang Mendekati Normal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com