Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wall Street Berakhir di Zona Hijau, Nasdaq Catat Rekor Pertama sejak 2021

Kompas.com - 01/03/2024, 07:15 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com - Bursa saham AS atau Wall Street berakhir di zona hijau pada penutupan perdagangan, Kamis (29/2/2024). Indeks Nasdaq mencatat rekor kenaikan pertama sejak November 2021.

Indeks Nasdaq yang padat akan saham-saham teknologi melonjak 0,9 persen, dan ditutup pada level tertinggi sepanjang masa di posisi 16.091,92, karena saham-saham teknologi dan blue chip menguat menjelang penutupan.

S&P 500 juga mencapai rekor penutupan, naik 0,52 persen menjadi berakhir pada 5.096,27. Sementara Dow Jones Industrial Average (DJIA) bertambah 0,12 persen menjadi 38.996,39.

Sesi perdagangan hari Kamis ini mengakhiri perdagangan bulan Februari dan merupakan bulan keempat berturut-turut yang positif bagi Wall Street, meskipun serangkaian penurunan menimbulkan pertanyaan seputar keberlanjutan reli yang didorong oleh booming AI.

Baca juga: Moodys Pangkas Outlook Ekonomi AS Jadi Negatif, Apa Sebabnya?

Nasdaq memimpin dengan kenaikan 6,12 persen dalam sebulan. S&P 500 naik 5,17 persen, sedangkan Dow bertambah 2,22 persen untuk kenaikan beruntun empat bulan pertamanya sejak Mei 2021.

Kenaikan Nasdaq ke rekor tertingginya terjadi pada saat antusiasme terhadap kecerdasan buatan atau AI telah mengangkat sejumlah saham teknologi besar dan pasar yang lebih luas. Sepanjang tahun 2023 hingga tahun ini.

“Magnificent 7,” yang mencakup Alfabet, Amazon, Apel, Platform Meta, Microsoft, Nvidia, dan Tesla, telah memimpin pemulihan Nasdaq dari tahun 2022 meskipun dibayangi kenaikan suku bunga dan ketakutan akan resesi.

Saham perusahaan chip yang melonjak diantranya Advanced Micro Devices yang melesat lebih dari 9 persen, dan VanEck Semiconductor ETF (SMH) yang ditutup naik 2,2 persen.

Baca juga: Pertumbuhan Ekonomi AS 4,9 Persen pada Kuartal III 2023

Data yang dirilis pada hari Kamis menunjukkan ukuran inflasi pilihan Federal Reserve jauh di atas target bank sentral pada bulan Januari, namun setidaknya tidak melebihi perkiraan Wall Street. Ada juga tanda-tanda bahwa belanja konsumen tetap kuat.

Indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi inti, yang merupakan ukuran inflasi pilihan Federal Reserve, meningkat 0,4 persen pada bulan ini dan 2,8 persen dari tahun lalu. Angka tersebut sesuai dengan perkiraan Dow Jones.

PCE utama, yang mencakup kategori makanan dan energi, meningkat 0,3 persen setiap bulan dan 2,4 persen dalam basis 12 bulan, dibandingkan dengan perkiraan masing-masing sebesar 0,3 persen dan 2,4 persen.

“Data pagi ini melegakan bagi para pembeli, yang khawatir inflasi akan kembali meningkat dan menyebabkan The Fed menunda penurunan suku bunga untuk waktu yang lebih lama,” kata kepala investasi Aliansi Penasihat Independen Chris Zaccarelli, dikutip dari CNBC. 

“Setidaknya untuk saat ini, semua sistem harus dihentikan dan pembeli harus muncul kembali," lanjutnya.

Baca juga: Harga Emas Dunia Naik, Ditopang Memanasnya Konflik di Timur Tengah dan Penantian Data Ekonomi AS


Personal income naik 1 persen MoM pada Januari, jauh di atas perkiraan sebesar 0,3 persen. Sementara itu, penjualan rumah tertunda mencatat penurunan yang mengejutkan di bulan Januari di tengah perubahan suku bunga hipotek.

Penjualan yang tertunda turun 4,9 persen, jauh lebih buruk daripada perkiraan kenaikan 2 persen dari konsensus Dow Jones.

Saham Snowflake merosot 18,4 persen setelah mengumumkan pengunduran diri CEO-nya dan membagikan panduan pendapatan produk yang mengecewakan. Sementara itu, saham Okta naik hampir 23 persen didukung hasil kinerja yang kuat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com