Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenko Marves Gelar Bali International Airshow 2024 September Ini

Kompas.com - 01/03/2024, 14:00 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Repubik Indonesia (Kemenko Marves RI) akan menggelar Bali International Airshow 2024 (BIAS) pada 18-21 September 2024.

Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Marves Jodi Mahardi mengatakan, pameran kedirgantaraan ini menjadi yang pertama berkomitmen memberikan dukungan untuk kesejahteraan sosial dan perlindungan lingkungan hidup.

Jodi mengatakan, hal tersebut diwujudkan melalui penandatanganan kerja sama antara PT INARO Tujuh Belas selaku penyelenggara BIAS dengan Yayasan CARE Peduli (YCP).

"Kolaborasi kedua lembaga ini untuk menyongsong pelaksanaan Bali international Airshow, September mendatang, harus dilanjutkan hingga pasca event. Industri Aviasi Nasional juga harus ikut berkontribusi mendukung pembangunan berkelanjutan yang terus digaungkan oleh Pemerintah baik pusat maupun daerah," kata Jodi di Kantor Kemenko Marves, Jakarta, Jumat (1/3/2024).

Baca juga: Kemenko Marves: Perpres Bisnis Penyimpanan Karbon Rampung Bulan Ini

Jodi mengatakan, BIAS 2024 tidak hanya berpengaruh pada eksistensi industri aviasi nasional, namun berkomitmen dengan pembangunan yang keberlanjutan dan kesejahteraan orang banyak.

Ia menjelaskan potensi industri penerbangan di Indonesia diproyeksikan mengalami pertumbuhan tahunan sebesar 5 persen selama 5 tahun ke depan.

"Dengan banyaknya peluang penerbangan sipil Tren positif di industri penerbangan juga didukung dengan adanya komitmen Indonesia untuk lingkungan hidup, salah satunya melalui pengembangan SAF (Sustainable Aviation Fuel)," ujarnya.

Baca juga: Soal Pajak Kendaraan Bermotor Akan Naik, Kemenko Marves: Tidak dalam Waktu Dekat


Senada dengan Jodi, Chief Executive Officer Yayasan Care Peduli (YCP) Wahid Situmorang mengatakan, dukungan yang didapat dari BIAS 2024 akan diarahkan untuk berkontribusi pada target penurunan stunting sebesar 14 persen di 2024, terutama untuk provinsi dengan angka stunting tinggi seperti Nusa Tenggara Timur dan wilayah lainnya.

Ia mengatakan, dengan terpenuhinya nutrisi dan gizi bagi anak dan Ibu hamil, produktivitas tenaga kerja dapat didorong.

"Hal ini bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang dapat berkontribusi pada peningkatan Pendapatan Bruto Negara atau PDB 11 persen," kata Wahid.

Lebih lanjut, Wahid mengatakan, dukungan yang didapat juga akan berkontribusi pada perlindungan ekosistem laut seperti karang, mangrove dan hutan daratan tropis.

"Kolaborasi yang diinisiasi hari ini menjadi wujud kerja bersama menjaga generasi penerus dan alam Indonesia," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com