Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank BTPN Gandeng Fintech Danai.id untuk Salurkan Kredit UMKM

Kompas.com - 01/03/2024, 15:07 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank BTPN Tbk dan fintech lending Danai.id menjalin kerja sama channeling atau penerusan kredit yang bertujuan untuk meningkatkan akses pembiayaan sektor produktif bagi UMKM.

Kerja sama ini sekaligus mendorong kontribusi industri fintech lending terhadap perekonomian nasional.

Dengan menggunakan teknologi fintech lending yang dimiliki Danai.id, diharapkan proses pembiayaan menjadi lebih efisien, transparan, dan dapat dijangkau oleh UMKM yang berada di berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga: Aturan Pelaporan Baru OJK untuk Fintech Lending, Berlaku mulai 1 Juli 2024

Ilustrasi UMKM kuliner. SHUTTERSTOCK/ARIEF BUDI KUSUMA Ilustrasi UMKM kuliner.

"Kami berterima kasih mendapat kepercayaan dari Bank BTPN untuk menjadi mitra dalam penyaluran kredit produktif kepada UMKM," kata Direktur Utama Danai.id Azhar Abdul Wahab dalam keterangannya, Jumat (1/3/2024).

Azhar menjelaskan, pihaknya telah menyalurkan kredit secara total sebesar Rp 488 miliar, dengan tingkat TKB90 mencapai 99,46 persen.

"Perusahaan kami sudah menghasilkan profit sejak Desember tahun 2022 dan terus konsisten menghasilkan profit dari bulan ke bulan," ujar dia.

Pada kesempatan yang sama Irianto Gunawan, Direktur Bisnis Danai.id menuturkan, ada tiga fokus Danai.id dalam memberikan fasilitas kredit kepada UMKM, yaitu fasilitas pembiayaan invoice, fasilitas pembiayaan micro-developer, dan fasilitas pembiayaan inventory.

Baca juga: OJK Minta Kredit Bank ke Fintech Lending Tak Dominan, Ada Apa?

Saat ini sekitar 80 persen dari porsi pembiayaan Danai.id masih pada pembiayaan invoice, namun kedepannya diharapkan porsi pembiayaan lain juga bisa mengalami peningkatan dan pertumbuhan yang lebih besar.

Kerja sama ini, kata Irianto, merupakan salah satu wujud sinergi antara fintech lending dengan perbankan yang sama-sama memiliki visi untuk mendukung program pemerintah dalam pembiayaan UMKM.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com