Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

BRI Insurance Sabet Penghargaan di Indonesia Excellence Good Corporate Governance Awards 2024

Kompas.com - 06/03/2024, 18:31 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com - BRI Insurance (BRINS) kembali menorehkan prestasinya pada awal 2024 dengan menerima penghargaan sebagai Indonesia Excellence Good Corporate Governance Ethics in Strategy Implementation to Increase Performance Growth dengan kategori General Insurance di acara Indonesia Excellence Good Corporate Governance Awards 2024. Penghargaan ini diselenggarakan oleh Warta Ekonomi.

Sebagai informasi, penghargaan tersebut diterima secara langsung oleh Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko BRI Insurance Heri Supriyadi di JS Luwansa, Selasa (5/3/2024).

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Warta Ekonomi dan tim juri serta stakeholder atas kepercayaan berupa penghargaan yang diberikan kepada BRI Insurance. Penghargaan ini tidak luput dari hasil kinerja terbaik seluruh pekerja BRI Insurance yang selalu menerapkan prinsip good corporate governance (GCG) dalam pekerjaan. Penghargaan ini menjadi booster bagi BRI Insurance untuk memberikan kinerja terbaik supaya menjadi perusahaan yang dapat diandalkan dan dipercaya bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Heri dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (6/3/2024).

Pada acara tersebut, hadir CEO dan Chief Editor Warta Ekonomi Group Muhamad Ihsan. Ia menuturkan, keberhasilan perusahaan dalam menerapkan GCG akan memengaruhi tingkat kinerja perusahaan terlebih dalam manajemen keuangan dan manajemen laba yang sehat dan berkelanjutan.

“Manajemen laba dapat memengaruhi hubungan antara GCG dan kinerja perusahaan. GCG telah berkontribusi besar dalam mengurangi kemungkinan pemaksimalan laba dengan cara yang tidak baik. Prinsip-prinsip GCG senantiasa saling melengkapi dalam menjalankan bisnis yang sukses, bertanggungjawab dan keberlanjutan. Kombinasi tersebut memastikan perusahaan berkembang,” ucap Ihsan.

BRI Insurance juga melakukan berbagai upaya untuk menjaga nilai GCG, seperti melaksanakan kebijakan dan praktik Tata Kelola Perusahaan yang baik untuk mencapai visi dan misi perusahaan.

Tak hanya itu, BRI Insurance juga menerapkan prinsip transparansi dengan menjamin informasi yang relevan disampaikan secara jelas, akurat, memadai, dan mudah diakses oleh para pemangku kepentingan melalui berbagai kanal secara online.

Saat ini, BRI Insurance juga telah memiliki sertifikasi yang menjadi salah satu modal dan pedoman dalam menjalani prinsip GCG, yaitu ISO 22301:2019 Business Contuinity Management System (BCMS)

Di sisi lain, hadir sebagai keynote speaker, Ketua Umum Komite Nasional Kebijakan Governansi (KNKG) Prof Dr Mardiasmo.

Ia mengatakan, governansi korporat dalam perkembangannya telah mengalami evolusi. Dalam studi menunjukkan bahwa penerapan governansi korporat tidak bisa berdiri sendiri. Diperlukan adanya bauran aspek lain, yaitu lingkungan (environment) dan sosial.

“Saat ini juga berkembang konsep dan praktik sustainable governance, yakni prinsip panduan yang menempatkan penekanan pada mengintegrasikan praktik yang bertanggung jawab, moral, dan jangka panjang dalam pengambilan keputusan organisasi dan administrasi umum. Faktor-faktor lingkungan, sosial, dan governansi (ESG) ditambahkan ke dalam governansi perusahaan standar untuk memastikan bahwa organisasi beroperasi dengan cara yang tidak hanya menguntungkan tetapi juga menguntungkan bagi masyarakat dan lingkungan,” ujar Mardiasmo

Secara terpisah, Direktur Utama BRI Insurance Budi Legowo menyampaikan bahwa BRI Insurance selalu menjaga nilai GCG dengan praktik bisnis yang sehat dan berkelanjutan agar dapat memberikan manfaat kepada seluruh stakeholders.

“Selain itu, sebagai penyeimbang bisnis dengan prinsip GCG, kami juga memiliki komitmen dalam pelaksanaan program corporate social responsibility (CSR) yang dilakukan secara komprehensif dan berkesinambungan sebagai bentuk penerapan GCG sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL),” tambahnya.

Sebagai informasi, penghargaan pada acara GCG Awards 2024 diberikan secara obyektif kepada perusahaan-perusahaan yang menerapkan tata kelola perusahaan dengan baik dan mampu berkontribusi dalam menunjang perekonomian Indonesia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com