Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meningkatkan Kualitas Pendidikan, Upaya Medco E&P Memberdayakan Warga Sekitar Wilayah Operasinya

Kompas.com - 07/03/2024, 10:56 WIB
Aprillia Ika

Penulis

MUSI BANYUASIN, KOMPAS.com - Medco E&P Grissik Limited (Medco E&P) berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di sekitar wilayah kerjanya di Blok Corridor di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Upaya ini merupakan salah satu dari lima pilar Medco E&P dalam Program Pemberdayaan Masyarakat. Yakni, Pemberdayaan Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, Dukungan Fasilitas Sosial dan Umum serta Lingkungan.

Dalam bidang pendidikan, Medco E&P berfokus pada program peningkatan kapasitas dan kelembagaan pendidikan berbasis komunitas serta pemberian beasiswa kepada 337 guru dan mahasiswa.

‘’Yang kami harapkan adalah dengan adanya peningkatan kualitas guru dapat meningkatkan kualitas peserta didik," ujar Sudewo, Manager Field Relations & Community Enhancement Corridor Medco E&P, dalam acara Kunjungan Media SKK Migas - KKKS di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Rabu (6/3/2024).

"Semakin banyak prestasi yang diraih oleh para siswa, maka akan semakin cepat peningkatan akreditasi sekolah tersebut,‘’ lanjutnya.

Baca juga: Tahun Ini, Wilayah Sumbagsel Bakal Eksplorasi 24 Sumur Migas

Bantuan pendidikan salah satunya diberikan kepada SDN Pauh Simpang Tungkal, Kabupaten Musi Banyuasin. SD ini menjadi salah satu dari 36 SD di sekitar Blok Corridor yang mendapatkan bantuan.

Di SD ini, Medco E&P memberikan beasiswa kepada sejumlah guru untuk melanjutkan S1, memberikan pelatihan kepada guru, serta membantu pembangunan infrastruktur sekolah.

Kepsek SDN Pauh Simpang Tungkal, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumsel Tupardi bercerita, setelah ada bantuan pelatihan ke para guru, terutama pelatihan Kurikulum Merdeka, para murid makin bersemangat belajar. Pendekatan Medco E&P dilakukan sejak 2018-2019 dan berlanjut hingga 2023.

"Kalau ada anak yang juara dikasih tas yang bagus. Anak-anak dikasih buku, pensil, yang banyak.Sekarang, anak-anak jadi bersemangat, pengin juara semua," kata Tupardi.

Baca juga: Pertamina-Medco E&P Ekspor Perdana Gas Alam Cair ke China

Pada kesempatan yang sama, Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Hudi D. Suryodipuro mengapresiasi kontribusi Medco E&P bagi pengembangan masyarakat di sekitar area operasi.

‘’Kegiatan program pengembangan masyarakat yang dilaksanakan oleh SKK Migas bersama KKKS bukan sekadar tanggung jawab operasional, melainkan upaya nyata dari komitmen kami untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar wilayah operasi hulu migas,‘’ ujar dia.

Menurut dia, program yang menitikberatkan dan berfokus pada pendidikan dan upaya peningkatan kualitas dan fasilitas pendidikan memiliki peran kunci dalam membentuk masa depan yang lebih baik.

Baca juga: Berikut Target Proyek Medco Energi Tahun 2023

Dengan memperhatikan sektor ini, Medco E&P mengupayakan untuk menciptakan generasi muda yang berkualitas untuk masa depan Indonesia.

‘’Bukan hal yang mustahil dan tentunya kami berharap apabila di masa mendatang kita bisa melihat penerus penerus kita dari SDN Pauh Simpang Tungkal dapat mengisi posisi posisi strategis baik di SKK Migas maupun di Medco E&P,‘’ kata dia.

‘’Kami percaya bahwa sinergi antara industri hulu migas dan masyarakat adalah kunci kesuksesan dalam menciptakan lingkungan yang berkelanjutan dan memberikan manfaat bagi semua pihak. Dengan kerjasama yang erat, kami optimis dapat terus meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sekitar wilayah operasi hulu migas dan menjaga keseimbangan antara pengembangan industri dan kesejahteraan sosial, ‘’ kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com