Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Groundbreaking" Keenam IKN Dilaksanakan Mei, OIKN: Ada Swasta

Kompas.com - 07/03/2024, 14:45 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) berencana melakukan groundbreaking keenam di IKN, Kalimantan Timur pada Mei 2024.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono mengatakan, sektor yang difokuskan pada groundbreaking keenam ini ialah sektor pendidikan.

"Ada sekolah, ada kampus yang targetnya bulan Mei nanti akan ada groundbreaking keenam. Dan targetnya adalah untuk proyek-proyek pendidikan," ujarnya saat acara market sounding proyek KPBU sektor perumahan di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta, Kamis (7/3/2024).

Baca juga: Jokowi Klaim Banyak Investor Antre Investasi di IKN

Agung memastikan pada groundbreaking keenam di IKN bakal ada proyek sekolah dari investor swasta. Namun dia enggan membocorkan mengenai investor maupun proyeknya.

Sebagai informasi, pada groundbreaking kelima yang berfokus pada sektor jasa keuangan, seluruh proyek berasal dari instansi, bank BUMN, dan BUMD alias tidak ada proyek dari investor swasta.

"Ada, swasta ada. Nanti saja spillnya tapi ada karena pendidikan kan pasti ada swasta tapi juga kita harapkan seperti yang ada di-groundbreaking kedua ada sekolah negeri yang direvitalisasi oleh swasta. Itu kita harapkan (pada groundbreaking keenam) bisa begitu. Tapi yang swasta murni juga kita pastikan ini ada untuk sekolah ya," jelasnya.

Sebelumnya, dikutip dari laman OIKN, sebanyak 23 investor dari dalam negeri telah melaksanakan groundbreaking di IKN dengan investasi non-APBN dengan nilai sekitar Rp 41,4 triliun.

Groundbreaking tahap 1 yang dilaksanakan 21 dan 22 September 2023 nilai investasinya sebesar Rp 23,1 triliun.

Pada tahap 1, sejumlah investor telah memulai pembangunannya mulai dari mall, hotel, perkantoran, serta ruang terbuka hijau yang dipimpin oleh investor tergabung dalam Konsorsium Nusantara.

Kemudian groundbreaking tahap 2 yang dilaksanakan pada 1 dan 2 November 2023 dengan nilai sebesar Rp 13,1 triliun dilakukan oleh Kementerian Perhubungan, Mayapada Hospital, Pakuwon Group, JIS, Hermina, Bank Indonesia, BPJS Ketenagakerjaan, dan PLN Indonesia.

Pada tahap ini juga diresmikan revitalisasi SDN 020 Sepaku yang tanahnya didedikasikan oleh warga setempat.

Selanjutnya groundbreaking tahap 3 dilakukan pada 20 dan 21 Desember 2023 menandakan pembangunan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) IKN dan pembangunan Nusantara Superblock. Investasi pada Nusantara Superblock ini mencapai Rp 3 triliun.

Baca juga: Bandara VVIP IKN Diuji Coba Juli, Menhub Pastikan Lingkungan Sekitar Tetap Hijau

Groundbreaking tahap 4 yang dilaksanakan 17 Januari 2024, menandai dimulainya proses pembangunan Balaikota dan Kantor OIKN, Memorial Park, kantor Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), kantor LPP RRI, hotel, pergudangan, dan Masjid Negara.

Teranyar, groundbreaking tahap 5 yang berlangsung pada 29 Februari dan 1 Maret 2024 mencatatkan nilai investasi sebesar Rp 2,1 triliun.

Realisasi investasi ini berasal dari pemain utama perbankan Nasional pelat merah yang mencakup PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Kemudian menyusul PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimtara), BPJS Kesehatan, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, Command Center, dan Stasiun TVRI.

Baca juga: Ada Ekosistem Digital, Jokowi Ingin Para Digital Nomad Tinggal di IKN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com