Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Tangki BBM SPBU Cileungsi Bogor Kebakaran, Pertamina Pastikan Stok BBM Aman

Kompas.com - 11/03/2024, 14:00 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) memastikan stok bahan bakar minyak (BBM) di wilayah Kabupaten Bogor tetap aman pascaterjadinya kebakaran mobil tangki BBM di SPBU 34.168 di Gandoang, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor.

Kebakaran terjadi pada mobil tangki berpelat B 9743 TEJ kapasitas 24 kiloliter (KL) yang membawa produk BBM jenis Pertalite pada Senin (11/3/2024) pukul 04.36 WIB.

"PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat memastikan stok BBM di wilayah Kabupaten Bogor aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," ujar Area Manager Communication, Relation & CSR Regional Jawa Bagian Barat Pertamina Patra Niaga, Eko Kristiawan dalam keterangannya, Senin (11/3/2024).

Ia menuturkan, setelah terjadi kebakaran awak mobil tangki berusaha memadamkan api, namun terlanjur membesar.

Baca juga: Daftar Harga BBM di SPBU Seluruh Indonesia Berlaku Maret 2024

Pihak SPBU pun segera meminta bantuan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor. Sekitar pukul 05.15 WIB api baru berhasil dipadamkan.

"Tidak ada korban jiwa maupun korban luka pada kejadian tersebut. Saat ini SPBU 34.168.05 pun berhenti beroperasi untuk sementara untuk dilakukan investigasi lebih lanjut," ungkapnya.

Adapun bagi masyarakat yang ingin melakukan pengisian BBM disarankan untuk ke SPBU alternatif terdekat di daerah Cileungsi yaitu di SPBU 34.168.20 dan SPBU 34.168.15.

Baca juga: Pertamina Investigasi Penyebab Insiden Truk Tangki BBM Terbakar di Tol Merak


Sebelumnya, Komandan Sektor (Dansek) Damkar Cileungsi Andang Hidayat mengatakan, pihaknya menerjunkan dua truk pemadam kebakaran dari Damkar Sektor Cileungsi dan satu unit dari Damkar Sektor Cariu untuk menjinakkan api.

"Pemadaman menggunakan cooling system pendinginan menggunakan air untuk menurunkan radiasi," kata Andang dalam keterangannya, Senin (11/3/2024).

Baca juga: Harga BBM Pertamax Cs Tak Naik hingga Juni 2024

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com