Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei Kemenhub: Jumlah Pemudik Tahun Ini 193,6 Juta Orang

Kompas.com - 12/03/2024, 16:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan jumlah pemudik sebanyak 193,6 juta orang pada Lebaran 2024 atau Idul Fitri 1445 H. Angka tersebut mencapai 71,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

Perkiraan ini berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub bersama Badan Pusat Statistik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta melibatkan para pakar dan akademisi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, perkiraan jumlah pemudik tahun ini meningkat dibadingkan Lebaran 2023 yang mencapai 123,8 juta orang.

Baca juga: [POPULER MONEY] Daftar 101 Pinjol Legal | Cara Daftar Mudik Gratis BUMN 2024

Hasil survei ini telah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo dan telah diinformasikan kepada pemangku kepentingan terkait seperti kementerian/lembaga, pemerintah daerah, Korlantas Polri, BUMN dan swasta.

"Melihat gambaran kondisi tersebut, kami melakukan langkah persiapan baik secara operasional maupun kebijakan dalam pengendalian, pengaturan transportasi, dan penanganan secara komprehensif bersama Instansi kementerian dan lembaga pada pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN, serta pihak swasta," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (12/3/2024).

Baca juga: Kemenhub Perkirakan Jumlah Pemudik Lebaran 2024 Lebih Banyak dari Tahun Lalu

Dia menambahkan, pemerintah akan memberlakukan kebijakan yang efektif untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan pemudik yang mengakibatkan kepadatan di simpul dan di ruas jalan melalui pola perjalanan, pola transportasi, dan pola lalu lintas.

"Pengaturan waktu mudik, penyelenggaraan diskon tarif transportasi massal untuk mudik lebih dini, mudik gratis, rekayasa lalu lintas, diskon tarif jalan tol, hingga pengaturan lalu lintas terutama pada daerah yang berisiko terjadi kepadatan luar biasa akan kami lakukan," ucapnya.

Baca juga: Mudik Lebaran 2024, Tiket Kereta Api Tambahan Sudah Bisa Dipesan


Sebagai informasi, setiap tahun BKT Kemenhub selalu mengeluarkan survei potensi pergerakan masyarakat dalam masa angkutan lebaran.

Survei ini terbukti akurat memberikan potensi pergerakan masyarakat yang melakukan mudik dimana pada 2023 jumlahnya mencapai 123,8 juta orang atau 45,67 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com