Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Dunia Turun Dibayangi Data Inflasi AS

Kompas.com - 13/03/2024, 10:30 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga emas dunia turun lebih dari 1 persen pada akhir perdagangan Selasa (12/3/2024) waktu AS, atau Rabu (13/3/2024) pagi waktu Indonesia, setelah mengalami kenaikan terus-menurus sejak pekan lalu.

Mengutip CNBC, harga emas di pasar spot turun 1,18 persen menjadi sebesar 2.156,86 dollar AS per ons, meninggalkan rekor tertinggi yang sempat dicapai pada perdagangan Jumat lalu di level 2.194,99 dollar AS per ons.

Sementara, untuk harga emas berjangka Comex New York Exchange turun 01 persen ke level 2.166,1 dollar AS per ons.

Baca juga: Dorong Investasi Emas, BSI Tawarkan Gold Ownership Program

Harga emas melemah usai laporan inflasi Amerika Serikat (AS) menunjukkan peningkatan yang melebihi perkiraan, meredupkan prospek bahwa bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) akan segera menurunkan suku bunga.

Indeks harga konsumen (IHK) AS pada Februari 2024 menunjukkan terjadi inflasi 0,4 persen secara bulanan, sedangkan secara tahunan terjadi inflasi 3,2 persen, di atas perkiraan yang sebesar 3,1 persen.

Menurut Tai Wong, pedagang logam independen yang berbasis di New York, pelaku pasar emas masih akan mencari alasan untuk mendorong harga logam mulia lebih tinggi lagi.

Baca juga: Cara Jual Beli Investasi Emas di Aplikasi BRImo

"Sekarang fokus akan beralih ke pertemuan Fed minggu depan, di mana akan ada dot plot (proyeksi suku bunga) yang diperbarui," kata Wong.

Adapun pertemuan kebijakan bank sentral AS berikutnya akan diadakan pada 20 Maret 2024 mendatang.

Saat ini pasar memperkirakan peluang sebesar 70 persen untuk kemungkinan The Fed mulai melakukan kebijakan penurunan suku bunga pada Juni 2024, menurut alat CME FedWatch.

Baca juga: Cara Investasi Emas bagi Pemula agar Untung

Untuk diketahui, kebijakan suku bunga The Fed memang sangat mempengaruhi pergerakan harga emas.

Ketika suku bunga naik, maka emas yang tidak memberikan imbal hasil menjadi tak menarik bagi investor, berbeda dari obligasi dan saham yang memang memberikan imbal hasil.

Sebaliknya, ketika suku bunga menurun, maka imbal hasil pada instrumen investasi lainnya ikut menurun, sehingga emas akan menjadi lebih menarik bagi investor.

Baca juga: Cara Investasi Emas bagi Pemula agar Untung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com