Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jurusan Ekonomi Pembangunan: Prospek Kerja dan Ilmu yang Dipelajari

Kompas.com - 13/03/2024, 07:24 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Jurusan ekonomi pembangunan adalah salah satu cabang dalam ilmu ekonomi yang khusus mempelajari teori, konsep, dan praktik terkait dengan pembangunan ekonomi suatu negara atau wilayah.

Fokus yang dipelajari pada jurusan ekonomi pembangunan yakni berkutat pada analisa mencari dan menemukan solusi dari berbagai macam permasalah ekonomi secara kritis, inovatif, dan kreatif.

Mengutip buku Ekonomi Pembangunan yang ditulis Endang Mulyani (2017), ilmu ekonomi pembangunan menitikberatkan pada masalah-masalah yang dihadapai suatu negara yang sedang berkembang dalam rangka mendapatkan solusi mengatasi masalah ekonomi sekaligus memacu pembangunan ekonomi lebih optmal.

Tujuan dari mempelajari ekonomi pembangunan antara lain:

  1. Menelaah masalah-masalah perekonomian yang terjadi khususnya di negara sedang berkembang.
  2. Menelaah faktor-faktor penyebab keterlambatan pembangunan khususnya di negara sedang berkembang.
  3. Mengemukakan cara atau pendekatan yang dapat ditempuh untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi, sehingga dapat mempercepat jalannya pembangunan ekonomi khususnya di negara-negara tersebut.

Baca juga: Pengertian Ekonomi Pembangunan dan Fokus Yang Dipelajarinya

Apa yang dipelajari jurusan ekonomi pembangunan?

Apa saja yang dipelajari, apakah jurusan ekonomi pembangunan itu sulit dan bagaimana prospek kerja jurusan ekonomi pembangunan?

Mahasiswa dalam jurusan ekonomi pembangunan ini akan belajar tentang berbagai aspek yang terkait dengan upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial masyarakat, termasuk tetapi tidak terbatas pada:

1. Teori pertumbuhan ekonomi

Studi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu negara, seperti modal, tenaga kerja, teknologi, dan kebijakan ekonomi.

2. Pembangunan manusia

Pemahaman tentang bagaimana meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pendidikan, kesehatan, dan akses terhadap layanan dasar lainnya.

3. Kemiskinan dan ketimpangan ekonomi

Analisis tentang penyebab dan konsekuensi kemiskinan, serta upaya-upaya untuk mengentaskannya melalui kebijakan pembangunan yang inklusif.

4. Pemerataan pembangunan

Studi tentang distribusi manfaat pertumbuhan ekonomi di antara berbagai kelompok masyarakat dan wilayah, serta kebijakan untuk memperbaiki ketidaksetaraan ini.

5. Kebijakan pembangunan

Memahami peran pemerintah dalam mengatur ekonomi untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan, termasuk kebijakan fiskal, moneter, perdagangan, dan investasi.

6. Analisis ekonomi regional dan internasional

Studi tentang hubungan ekonomi antara negara-negara, serta pengaruh globalisasi terhadap pembangunan ekonomi.

7. Pengelolaan dumber daya alam dan lingkungan

Pemahaman tentang pentingnya pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan untuk mendukung pembangunan ekonomi jangka panjang.

8. Analisis ekonomi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com