Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Pembangunan Ekonomi, Tujuan, dan Indikator Keberhasilannya

Kompas.com - 08/12/2023, 09:27 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Pembangunan ekonomi adalah upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kesejahetaraan dan kemakmuran masyarakatnya, sekaligus menjadi indikator keberhasilan ekonomi.

Salah satu indikator utama pembangunan ekonomi adalah pendapatan domestik bruto (PDB) dan pendapatan nasional per kapita.

Mengutip laman Investopedia, ekonomi pembangunan adalah upaya yang berfokus pada perbaikan kondisi fiskal, ekonomi, dan sosial, terutama di negara-negara berkembang.

Pembangunan ekonomi mempertimbangkan faktor-faktor seperti kesehatan, pendidikan, kondisi kerja, kebijakan domestik dan internasional, dan kondisi pasar dengan fokus pada perbaikan kondisi di negara-negara miskin maupun berkembang.

Baca juga: Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi

Apa yang dimaksud dengan pembangunan ekonomi?

Pengertian pembangunan ekonomi

Pembangunan ekonomi adalah proses peningkatan kesejahteraan ekonomi suatu negara atau wilayah. Ini melibatkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, perbaikan distribusi pendapatan, peningkatan standar hidup, dan pengurangan kemiskinan.

Pengertian pembangunan ekonomi adalah mencakup berbagai aspek, dan tujuannya bukan hanya pencapaian pertumbuhan ekonomi, tetapi juga peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Beberapa poin penting yang terkait dengan pembangunan ekonomi melibatkan:

1. Pertumbuhan ekonomi

Pembangunan ekonomi mencakup pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Hal ini dapat dicapai melalui peningkatan produksi dan produktivitas di berbagai sektor ekonomi.

2. Distribusi pendapatan

Salah satu aspek penting dari pembangunan ekonomi adalah perbaikan distribusi pendapatan. Tujuannya adalah menciptakan masyarakat yang lebih adil secara ekonomi dengan mengurangi kesenjangan pendapatan.

3. Pendidikan dan kesehatan

Pembangunan ekonomi tidak hanya berkaitan dengan aspek ekonomi semata, tetapi juga melibatkan peningkatan pendidikan dan kesehatan masyarakat. Pendidikan yang baik dan sistem kesehatan yang efektif dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup.

4. Infrastruktur

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com