Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi

Kompas.com - 08/12/2023, 11:21 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Ada beberapa indikator keberhasilan pembangunan ekonomi, baik dari sisi ekonomi, lingkungan, hingga sosial.

Mengutip laman Bank Dunia, secara umum indikator keberhasilan pembangunan ekonomi adalah kinerja makroekonomi yang meliputi produk domestik bruto (PDB), konsumsi, investasi, perdagangan internasional, dan stabilitas ekonomi

Stabilitas ekonomi ini meliputi anggaran pemerintah pusat, harga, jumlah uang beredar, dan neraca pembayaran.

Indikator lainnya juga mencakup ukuran pendapatan dan jumlah tabungan yang disimpan masyarakat, lalu polusi, depresiasi, dan penipisan sumber daya.

Baca juga: Pengertian Pembangunan Ekonomi, Tujuan, dan Faktor yang Mempengaruhi

11 indikator keberhasilan pembangunan ekonomi

Indikator keberhasilan pembangunan ekonomi adalah parameter atau metrik yang digunakan untuk mengukur sejauh mana suatu negara atau wilayah telah mencapai tujuan pembangunan ekonominya.

Indikator-indikator ini mencerminkan berbagai aspek pertumbuhan ekonomi, distribusi pendapatan, kesejahteraan masyarakat, dan keberlanjutan pembangunan.

Berikut adalah beberapa indikator umum yang digunakan:

1. PDB

Salah satu indikator keberhasilan pembangunan ekonomi adalah PDB. PDB mengukur nilai total semua barang dan jasa yang dihasilkan dalam suatu negara selama periode waktu tertentu. PDB per kapita memberikan gambaran tentang standar hidup rata-rata penduduk.

2. Pertumbuhan ekonomi

Indikator moneter keberhasilan pembangunan ekonomi adalah pertumbuhan ekonomi. Tingkat pertumbuhan ekonomi mencerminkan perubahan persentase dalam PDB dari satu periode ke periode lainnya. Pertumbuhan yang positif menunjukkan perkembangan ekonomi.

3. Indeks pembangunan manusia (IPM)

IPM menggabungkan indikator-indikator seperti harapan hidup, pendidikan, dan pendapatan per kapita. Ini memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang kesejahteraan masyarakat.

4. Kesetaraan pendapatan

Indeks Gini dan rasio 20-20 adalah indikator kesetaraan pendapatan yang mengukur sejauh mana pendapatan terdistribusi secara merata di antara penduduk.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com