Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani Bertemu Menhub, Bahas Opsi Angkutan Umum di IKN

Kompas.com - 14/03/2024, 09:00 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengadakan pertemuan dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kantor Kementerian Keuangan pada Rabu (13/3/2024).

Momen pertemuan itu dibagikan oleh bendahara negara lewat akun resmi Instagram-nya @smindrawati.

Lewat unggahannya, Sri Mulyani mengatakan, salah satu topik yang dibahas dalam pertemuan itu ialah pembangunan infrastruktur transportasi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Kami membahas rancangan moda transportasi di IKN yang saat ini terus diakselerasi pembangunannya," ujar dia dalam unggahan akun resmi Instagram-nya, Rabu.

Baca juga: Penambahan Pupuk Subsidi Jadi 9,55 Juta Ton Tinggal Tunggu SK Sri Mulyani

Pemerintah memang berencana untuk mengandalkan transportasi umum sebagai moda utama pergerakan masyarakat di wilayah ibu kota baru yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur itu.

Bukan hanya di IKN, pemerintah juga berencana membangun infrastruktur moda transportasi umum, yakni Light Rail Transit (LRT), di Bali.

"Bukan hanya IKN, ke depannya Bali juga dicanangkan akan memiliki moda transportasi baru, yaitu LRT agar pariwisata semakin meningkat di wilayah Bali," ucap Sri Mulyani.

Baca juga: Menhub Bakal Percantik Stasiun Peninggalan Belanda di Klaten dan Lempuyangan

Sebagai informasi, dalam berbagai kesempatan pemerintah kerap menyatakan, kawasan IKN akan dibangun dengan mengandalkan moda transportasi umum sebagai pendukung pergerakan masyarakat di kawasan tersebut.

Pemerintah pun telah menyiapkan sejumlah moda transportasi dengan jaminan tingkat keterjangkauan layanan yang tinggi (oueragel).

Hal tersebut dilakukan melalui perencanaan rute transportasi publik yang terhubung dengan seluruh pusat kegiatan kota dan menjangkau koridor jalan lokal kota.

Baca juga: Luhut Disebut Keluhkan Rumah Dinas Menteri di IKN Terlalu Kecil


Berikut daftar lengkap moda transportasi umum yang disiapkan untuk IKN, seperti dikutip laman Instagram Kementerian PUPR.

1. Kereta bandara dan Moda Raya Terpadu (MRT) atau Lintas Raya Terpadu (LRT) untuk koridor antar kota.

2. Bus antarkota (Intercity bus) untuk koridor antarkota.

3. Bus Raya Terpadu (BRT) untuk koridor sumbu kebangsaan dan koridor kota.

4. Minibus untuk koridor sub blok pemerintahan.

5. Bus pariwisata khusus untuk area pariwisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com