Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Jadwal dan Besaran Pembagian Dividen BRI

Kompas.com - 14/03/2024, 18:05 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI akan membagikan dividen tunai kepada pemegang saham senilai Rp 48,10 triliun untuk tahun buku 2023.

Dengan demikian, besaran dividen BRI yang akan dibagikan adalah Rp 319 per saham. Jumlah tersebut setara dividend payout ratio senilai 80,04 dari laba atribusi.

Adapun dividen yang dibagikan BRI tersebut mengalami peningkatan 10,59 persen dibandingkan nominal yang dibayarkan pada 2023 sebesar Rp 43,49 triliun.

Baca juga: Siap-siap, BCA Bakal Tebar Dividen Rp 270 Per Saham

Ilustrasi dividen. SHUTTERSTOCK/SHUTTERSTOCKPROFESSIONAL Ilustrasi dividen.
Jumlah dividen yang akan dibagikan tersebut sudah termasuk jumlah dividen interim yang telah dibagikan kepada pemegang saham senilai Rp 12,67 triliun atau Rp 84 per saham yang telah dibagikan pada 18 Januari 2024 lalu.

Dengan demikian, sisa jumlah dividen tunai yang akan dibayarkan bank bersandi bursa BBRI tersebut kepada pemegang saham sekurang-kurangnya sebesar Rp 35,43 triliun atau sebesar Rp 235 per saham.

Adapun untuk dividen bagian Negara Republik Indonesia atas kepemilikan sebesar 53,19 persen saham, BRI akan menyetorkan kurang lebih Rp 25,71 triliun kepada Rekening Kas Umum Negara.

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan, pembagian dividen ini merupakan bentuk komitmen BRI dalam memberikan nilai ekonomi terutama bagi para pemegang saham.

Baca juga: Cek Jadwal Pembagian Dividen BTN Rp 49,89 per Saham

Melalui strategi dan inisiatif yang didukung pengelolaan modal yang baik, pihaknya optimistis akan terus menciptakan nilai dan memberikan imbal hasil (return) yang optimal kepada pemegang saham.

“Ini adalah bukti nyata, badan usaha milik negara (BUMN) yang memiliki fungsi agent of development dan value creator dapat menjalankan peran economic dan social value secara simultan," kata dia dalam siaran pers, dikutip Kamis (14/3/2024).

Ilustrasi saham, manajer investasi.SHUTTERSTOCK/THAPANA STUDIO Ilustrasi saham, manajer investasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com