Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuasai Keterampilan Komunikasi untuk Sukses di Dunia Kerja

Kompas.com - 27/03/2024, 14:00 WIB
Filipi Jhonatan Partogi Situmorang,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Soft skill atau keterampilan seseorang berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain, menjadi aspek penting yang dicari oleh perusahaan dalam merekrut dan mempertahankan karyawan.

Dikutip dari laman resmi US News, Rabu (27/3/2024), soft skills mencakup kemampuan komunikasi, kepemimpinan, kemampuan beradaptasi, serta kemampuan menyelesaikan masalah dengan efektif.

Dalam lingkungan kerja yang semakin kompleks dan beragam, soft skill menjadi kunci untuk membangun hubungan yang kuat antara rekan kerja, memperkuat kerja sama tim, dan meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.

Karyawan yang memiliki soft skills yang baik cenderung lebih efektif dalam menyelesaikan konflik, bekerja dalam tim, dan beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.

Baca juga: Bukan Cuma Gelar, Pencari Kerja Harus Kuasai 3 Soft Skill Ini

Cara untuk mengidentifikasi soft skill termasuk melakukan refleksi diri, meminta umpan balik dari rekan kerja atau atasan, dan mengikuti asesmen kepribadian atau kekuatan.

Dalam soft skill, keterampilan komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam dunia kerja.

Keterampilan komunikasi yang baik membantu individu dalam menyampaikan ide dan informasi dengan jelas, membangun hubungan yang kuat dengan rekan kerja, dan menyelesaikan masalah dengan lebih efektif.

Keterampilan komunikasi mencakup kemampuan menulis yang baik, kemampuan berbicara di depan umum, kemampuan mendengarkan dengan empati, dan kemampuan menggunakan berbagai media komunikasi seperti email, telepon, dan pertemuan langsung.

Baca juga: Miliki 5 Soft Skill Ini untuk Perkembangan Karier

 


Dalam dunia kerja yang kompetitif dan terus berkembang, soft skill berupa keterampilan komunikasi memainkan peran yang sangat penting dalam kesuksesan individu.

Penting bagi setiap karyawan untuk terus mengembangkan dan memperkuat soft skill terutama keterampilan komunikasi agar dapat menjadi profesional yang efektif dan berdaya saing tinggi di pasar kerja global saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com