Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik 3,1 Persen, Laba Bersih Operasi Telkom Kuartal I 2024 Capai Rp 6,3 Triliun

Kompas.com - 21/04/2024, 06:20 WIB
Erlangga Djumena

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) meraup laba bersih operasi Rp 6,3 triliun pada akhir kuartal pertama 2024 atau tumbuh 3,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dengan margin 16,9 persen.

Adapun laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi atau EBITDA tercatat Rp 19,4 triliun atau tumbuh 2,2 YoY dengan margin EBITDA yang stabil di kisaran 51,9 persen.

Emiten berkode TLKM ini juga membukukan pendapatan konsolidasi Rp 37,4 triliun atau tumbuh 3,7 persen YoY. Pencapaian ini didorong oleh pertumbuhan kinerja bisnis Data, Internet & IT Services senilai 11,3 persen YoY menjadi Rp 22,1 triliun.

Baca juga: Freeport Indonesia Catat Laba Bersih Rp 48,79 Triliun pada 2023, Setor Rp 3,35 Triliun ke Pemda Papua Tengah

“Awal tahun 2024, TelkomGroup masih fokus pada langkah transformasi melalui strategi utama Five Bold Moves. Alhamdulillah kinerja perseroan masih berjalan cukup baik, meski kondisi industri penuh tantangan dan gejolak geopolitik global yang memberikan pengaruh besar terhadap kondisi makroekonomi, termasuk kinerja saham Telkom," sebut Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah dalam siaran pers yang diterima Sabtu (20/4/2024).

Ririek menyatakan, pihaknya optimistis apa yang tengah dilakukan saat ini akan
memberikan hasil yang positif untuk keberlanjutan perusahaan di waktu mendatang.
"Kami akan terus menjalankan bisnis dengan berfokus pada penguatan digital connectivity, digital platform, dan digital service,” ucap dia.

Pada segmen Mobile, Telkomsel selaku anak usaha Telkom membukukan pendapatan Rp 28,5 triliun dengan tingkat profitabilitas yang sehat. Hal ini didukung oleh pertumbuhan Digital Business sebesar Rp 19,7 triliun atau tumbuh 8,6 persen YoY. Lalu lintas data juga mengalami peningkatan cukup baik sebesar 14,4 persen YoY menjadi 4.823.809 TB.

Telkomsel terus fokus pada produktivitas pangsa pasar dengan jumlah pelangan seluler mencapai 159,7 juta atau tumbuh 5,7 persen YoY dan pelanggan IndiHome residensial (B2C) 8,9 juta pada akhir Maret 2024.

Saat ini Telkomsel memiliki 257.349 Base Transceiver Station (BTS), yang terdiri dari 207.671 BTS 4G dan 710 BTS 5G.

Sementara pada segmen Enterprise, Telkom mencatat kinerja sebesar Rp 4,5 triliun dengan layanan B2B Digital IT Services dan Enterprise Connectivity sebagai kontributor utama pendapatan.

Baca juga: Laba Samsung Diprediksi Melonjak 900 Persen, Ini Pendorongnya

Pihaknya terus memperkuat kapabilitas di bisnis Cloud, Digital IT Services dan Cyber
Security, termasuk menjalin kerja sama strategis dengan pemain teknologi global.

Kemudian untuk segmen Wholesale dan International, TLKM mencatat pendapatan Rp 4,8 triliun atau naik 17,8 persen YoY, dengan kontribusi pertumbuhan pada bisnis layanan suara wholesale internasional dan bisnis infrastruktur digital.

Hingga akhir Maret 2024, bisnis data center dan cloud TelkomGroup membukukan pendapatan Rp449 miliar atau tumbuh 24,6 persen YoY.

Pada bisnis menara telekomunikasi, Mitratel mencatat pendapatan Rp 2,2 triliun atau tumbuh 7,3 persen YoY, didorong oleh pendapatan sewa menara. EBITDA dan laba bersih tumbuh masingmasing sebesar 9,9 persen dan 4,0 persen YoY dengan margin keduanya yang semakin baik senilai 83,5 persen dan 23,6 persen.

Baca juga: Telkom Tegaskan Tidak Lakukan Rekrutmen Melalui Sosial Media

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com