Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Genjot Energi Bersih, Bukit Asam Target Jadi Perusahaan Kelas Dunia yang Peduli Lingkungan

Kompas.com - 23/04/2024, 19:02 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) terus menggenjot pengembangan energi bersih guna mencapai target jadi perusahaan energi kelas dunia yang peduli lingkungan. Perseroan pun menyiapkan sejumlah strategi untuk menyediakan energi yang berkelanjutan.

"Perusahaan berkomitmen untuk mendukung kebijakan pemerintah yang mendorong transisi menuju energi bersih," ujar Corporate Secretary Bukit Asam Niko Chandra dalam keterangannya, Selasa (23/4/2024).

Ia mengatakan, perusahaan telah membangun PLTS berkapasitas maksimal 241 kilowatt-peak (kWp) di Gedung Airport Operation Control Center (AOCC) Bandara Soekarno-Hatta.

Pemasangan PLTS yang sudah beroperasi penuh sejak Oktober 2020 itu berkerja sama dengan PT Angkasa Pura II.

Baca juga: Jalur KA Gunung Megang-Penanggiran Pulih, Pengiriman Batu Bara PTBA Berangsur Normal

Selain dengan Angkasa Pura II, Bukit Asam juga bekerja sama dengan Jasa Marga Group untuk pengembangan PLTS di jalan-jalan tol. Seperti PLTS berkapasitas 400 kWp yang dipasang Jalan Tol Bali-Mandara sejak 21 September 2022.

Sejumlah lahan bekas tambang Bukit Asam pun tengah dijajaki pemanfaatannya untuk pengembangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

"Penjajakan kerja sama dengan berbagai pihak pun dilakukan. Di antaranya pengembangan PLTS untuk mendukung operasional PT Semen Padang dan PT Timah Tbk," jelas Niko.

Tak hanya PLTS, pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) dijajaki dengan China Huadian Overseas Investment Co. Ltd. dan Huadian Guangxi Energy Co. Ltd.

Dalam kegiatan operasional, kata Niko, perseroan menerapkan good mining practice dengan program-program dekarbonisasi.

Melalui program Eco Inovasi, perusahaan melakukan penanaman anggrek endemik, mengoperasikan bus listrik untuk karyawan, memperpendek jarak angkutan batu bara, 3R (reduce, reuse, recycle) limbah belt conveyor.

"PTBA juga melakukan penanaman lahan kritis dalam rangka rehabilitasi DAS (daerah aliran sungai), reklamasi lahan pasca tambang, serta program elektrifikasi peralatan tambang seperti bus dan pompa tambang berbasis listrik," papar dia.

Baca juga: PTBA Anggarkan Belanja Modal Rp 2,9 Triliun

Inovasi sosial dilakukan perusahaan melalui program Eco Agrotomation. Program ini mendorong budidaya tanaman berbasis otomasi yang ramah lingkungan untuk mendukung program penghijauan dan reklamasi.

Bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Muara Enim, Bukit Asam sejak 2016 telah mencanangkan Program Tanjung Enim Kota Wisata. Tujuannya agar Tanjung Enim yang merupakan kawasan tambang batu bara dapat menjadi destinasi wisata dan mandiri di masa mendatang.

Sejumlah strategi tersebut merupakan bagian dari peta jalan manajemen karbon Bukit Asam hingga 2060. Menurutnya, perusahaan berkomitmen untuk mendukung target pemerintah untuk mencapai nol emisi karbon atau net zero emission pada 2060, bahkan lebih cepat.

"Program-program dekarbonisasi akan terus dilaksanakan dan dikembangkan secara berkelanjutan di setiap lini perusahaan untuk memberikan hasil yang optimal," tutup Niko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com