Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ombudsman Minta Seleksi CASN Diundur Setelah Pilkada, MenPAN-RB: Tidak Mungkin Ditunda

Kompas.com - 03/05/2024, 17:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas memastikan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) akan tetap dilaksanakan sesuai jadwaldan tidak bisa ditunda.

Hal ini merespons permintaan Ombudsman RI yang ingin agar seleksi CASN diselenggarakan setelah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar November 2024 mendatang agar tidak dijadikan komoditas politik.

Anas menjelaskan, penyelenggaraan seleksi CASN tidak dapat ditunda karena sudah menjadi keputusan pemerintah bersama Komisi II DPR RI yang menargetkan seleksi CASN selambatnya selesai pada Desember 2024. Ini sesuai mandat Undang-undang (UU) Nomor 20 tahun 2023 tentang ASN.

Baca juga: Pendaftaran CASN 2024, Instansi Diminta Segera Isi Rincian Formasi ASN

Ilustrasi seleksi CPNS, CASN.SHUTTERSTOCK/INDRARF Ilustrasi seleksi CPNS, CASN.

"Pertama, dari sisi regulasi tidak mungkin ini ditunda. Desember 2024. Jadi selambat-lambatnya menurut undang-undang harus diberesin di Desember 2024," ujarnya saat konferensi pers di Gedung Kominfo, Jakarta, Jumat (3/5/2024).

Dia juga menepis kekhawatiran Ombudsman RI mengenai para pemain politik akan bisa memasukkan data pendukungnya ke dalam sistem database CASN sebagai salah satu bentuk lobi-lobi politik.

Sebab, data-data peserta CASN terutama data pegawai honorer daerah, yang ada di dalam database milik Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan dikunci, sehingga oknum-oknum tidak akan bisa memasukkan data baru ke dalam sistem.

"Sehingga dengan demikian kekhawatiran adanya data baru yang tumpang tindih dimasukkan karena proses politik di daerah, hemat kami ini menjadi catatan tapi menurut kami tidak (akan terjadi) karena mereka harus tercantum data di database ini," tegasnya.

Baca juga: Pendaftaran Seleksi CASN Dibuka Mei 2024, Menpan-RB Minta Kementerian dan Pemda Percepat Input Formasi Kebutuhan ASN

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com