Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Long Weekend", KAI Tambah 6 Perjalanan Kereta Api

Kompas.com - 08/05/2024, 06:12 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambah 6 perjalanan kereta api jarak jauh untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang akhir pekan ini pada 8-12 Mei 2024.

Adapun frekuensi perjalanan yang ditambah, yaitu empat perjalanan KA Argo Cheribon relasi Gambir-Cirebon pp dan dua perjalanan KA Argo Parahyangan Tambahan relasi Gambir-Bandung pp.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, penambahan frekuensi perjalanan tersebut ditujukan untuk mengantisipasi peningkatan volume penumpang pada libur panjang akhir pekan ini.

Baca juga: KAI Ubah Pola Operasi, 21 Kereta Berhenti di Stasiun Jatinegara

"Peningkatan jumlah perjalanan KA ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada masa high season seperti long weekend ini," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (7/5/2024).

Dia menuturkan, selama periode ini KAI mengoperasikan 1.509 KA yang terdiri dari 1.101 KA jarak jauh dan 408 KA lokal dengan total kapasitas tempat duduk sebanyak 739.782 tempat duduk.

Sampai dengan 7 Mei 2024, total tiket kereta api yang terjual pada 8-12 Mei 2024 yaitu sebanyak 439.433 tiket atau rata-rata 87.887 tiket per hari.

Baca juga: Otorita IKN Mau Uji Coba Kereta Tanpa Rel dan Taksi Terbang pada Juli 2024

 

Jumlah tersebut telah mencapai 59 persen dari total keseluruhan tiket kereta api yang dijual dan angka tersebut masih akan terus bertambah seiring dengan mendekati masa libur panjang.

Sejauh ini rute favorit pada periode ini ialah Jakarta-Surabaya pp, Jakarta-Solo pp, Jakarta-Malang pp, Yogyakarta-Banyuwangi pp, dan Blitar-Bandung pp.

Dia mengimbau, penumpang dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI jika tiket yang diinginkan sudah habis.

Melalui fitur Connecting Train ini penumpang akan diberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

Baca juga: Pasca-Lebaran, Kereta Cepat Whoosh Jadi 48 Perjalanan dengan Tarif mulai Rp 150.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com