Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Startup" Gapai Dapat Pendanaan Awal Rp 16 Miliar, Ingin Bantu Pekerja RI Berkarier di Kancah Global

Kompas.com - 13/05/2024, 06:42 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan rintisan (startup) Gapai memperoleh pendanaan tahap awal atau seed investment sebesar 1 juta dollar AS atau setara sekitar Rp 16 miliar. Gapai memiliki visi membantu tenaga kerja Indonesia untuk mengejar karier di pasar global.

Pendanaan awal ini akan digunakan Gapai untuk memperluas layanan penempatan kerja internasional. Putaran pendanaan ini dipimpin oleh Wavemaker Partners dengan partisipasi dari Antler dan Angel Investor.

Wavemaker Partners dan Antler merupakan dua perusahaan modal ventura global dengan spesialisasi investasi startup tahap awal di Asia Tenggara.

Baca juga: Startup Logistik Deliveree Kini Pakai AI agar Bisnis Lebih Efisien

Ilustrasi pegawai perempuan, wanita karier. SHUTTERSTOCK/PAEGAG Ilustrasi pegawai perempuan, wanita karier.

Investasi dari Wavemaker Partners dan Antler mencerminkan kepercayaan terhadap potensi pertumbuhan Gapai dalam merevolusi proses penyaluran kerja migran antar negara.

Berdasarkan data nasional tahun 2020-2023, terdapat peningkatan 7 kali lipat kasus perdagangan ilegal terhadap pekerja migran dari Indonesia.

Adapun sekitar 1.800 orang telah menjadi korban penempatan kerja ilegal di berbagai negara.

Untuk mengatasi masalah ini, Gapai berfokus untuk menyaring kandidat, melakukan wawancara, dan memberikan pelatihan peningkatan keterampilan bagi para pekerja Indonesia, untuk membangun jaringan talenta siap kerja yang dapat memenuhi permintaan pasar internasional.

Baca juga: Mudahkan Konsumen, Startup Perikanan Aruna Resmikan Pick-Up Point

Dalam hal ini, Gapai berperan untuk menghubungkan calon karyawan dengan perusahaan yang sesuai dalam platformnya yang inovatif, sehingga proses penempatan kerja lintas batas negara dapat menjadi lebih cepat, aman, dan transparan dibandingkan melalui agen konvensional.

Di tahap awal, Gapai akan menggunakan dana segar ini untuk memperkuat proses operasional penempatan di luar negeri dengan infrastruktur teknologi yang komprehensif.

Selain itu, Gapai berupaya merevolusi proses pengalaman penempatan pekerja migran di luar negeri dengan mengedepankan kemudahan, kecepatan, dan transparansi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com