Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Startup" Logistik Deliveree Kini Pakai AI agar Bisnis Lebih Efisien

Kompas.com - 27/03/2024, 16:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Startup logistik Deliveree terus mendorong transformasi teknologi dalam bisnisnya. Sebagai salah satu pemain di bisnis logistik, Deliveree telah menggunakan fitur-fitur teknologi digital mutakhir yang menjadi standar baru.

Country Manager Deliveree Indonesia Apoorvaa Agarwal mengatakan, implementasi teknologi digital menunjukkan suatu perubahan besar dalam praktik berbisnis.

“Ketika teknologi mentransformasi ekspektasi industri logistik dengan cepat, upaya proaktif Deliveree dalam memperkenalkan teknologi tidak hanya menjadi manfaat dan keuntungan di bidang logistik, tetapi sudah menjadi hal utama yang diharapkan pelanggan,” kata Apoorvaa dalam siaran pers, Rabu (27/3/2024).

Baca juga: Kerja Sama Deliveree-SPIL Lahirkan Layanan Kirim Peti Kemas Digital

Adapun fitur-fitur berbasis teknologi yang diterapkan dalam Deliveree menjadi standar ekspektasi di antara para klien.

Ini termasuk pemilihan rute dan penjadwalan cerdas, pelacakan dan pembaruan status terkini, media komunikasi yang canggih, serta digitalisasi dokumen.

Apoorvaa menjelaskan, Deliveree juga menerapkan sistem perutean dan penjadwalan cerdas berbasis AI, analisis prediktif untuk mengestimasi waktu kedatangan dan pengiriman.

Termasuk juga, pelacakan dan pembaruan status pengiriman secara real-time, sarana komunikasi 24 jam, antara pelanggan dengan pengemudi, vendor, dan tim CS Deliveree serta dokumentasi digital.

“Kami menjadi penyedia jasa trucking dan pengiriman kargo di Indonesia yang menerapkan AI dan analisis prediktif dari big data untuk meningkatkan efisiensi kapasitas kargo armada,” kata dia.

Baca juga: Strategi Deliveree Tetap Bertahan Saat Banyak Startup Berjatuhan

 


Inovasi ini mengurangi jumlah truk yang beroperasi tanpa muatan, sehingga meningkatkan pendapatan para pengemudi/vendor.

“Sebagai hasilnya, pelanggan dapat menikmati ongkos kirim yang lebih rendah. Pengurangan truk kosong di jalan juga bermanfaat bagi masyarakat, lingkungan, dan sosial,” tambahnya.?

Di sisi lain, startup yang menyabet penghargaan Penyedia Jasa Truk Terbaik di Jawa dan Penyedia Jasa Truk Terbaik di Sumatra ini juga melayani dan menyelesaikan hampir 10.000 pengiriman menggunakan truk setiap harinya. Saat ini, Deliveree merangkul hampir 100.000 mitra pengemudi dan pengusaha truk di seluruh Asia Tenggara.

"Platform kami melayani dan menyelesaikan hampir 10.000 pengiriman menggunakan truk setiap harinya dan angka ini terus bertambah pesat. Kami juga memiliki lebih dari 30.000 pengemudi truk dan vendor truk yang aktif setiap bulannya, dan angka tersebut terus bertambah,” tegas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com