Strategi Deliveree Tetap Bertahan Saat Banyak Startup Berjatuhan

Kompas.com - 24/06/2022, 20:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Deliveree sebagai salah satu startup di industri logistik Indonesia mampu bertahan di tengah memburuknya iklim bisnis startup di dunia.

Badai pemutusan hubungan kerja (PHK) masih membayangi startup-startup besar di dalam dan luar negeri. Bahkan tidak sedikit startup yang berjatuhan karena ketidakpastian global.

CEO Deliveree Group Tom Kim mengatakan, saat ini di pasar modal ventura sedang terjadi koreksi besar-besaran sehingga banyak startup yang berguguran karena tidak mendapatkan pendanaan.

Baca juga: Perusahaan Startup Ini Justru Tetap Rekrut Karyawan di Tengah Gelombang PHK

Oleh karenanya, agar bisa tetap bertahan di tengah permasalahan ini suatu perusahaan startup harus bisa membuktikan kepada calon investor bahwa perusahaannya mampu bertahan tanpa perlu membakar banyak uang.

Dia mengakui, sejak beroperasi tahun 2015 di Indonesia, Deliveree masih belum mendapatkan profit. Tapi masih tetap bisa bertahan tanpa perlu mem-PHK karyawannya sejak pandemi Covid-19 terjadi.

Lalu bagaimana perusahaan logistik yang sekarang beroperasi di 4 negara di Asia Tenggara ini dapat bertahan di tengah permasalahan yang melanda bisnis startup dunia?

Dia menjelaskan, meski belum mengantongi profit, Deliveree berupaya untuk tidak membakar uang pendanaan dari investor seperti perusahaan startup lainnya.

Baca juga: Netflix PHK Ratusan Karyawan, Ini Alasannya

Istilah 'bakar duit' yang kerap dilakukan perusahaan startup untuk menggaet banyak konsumen dapat berdampak buruk jika dilakukan terus-menerus dan tanpa perhitungan yang matang.

"Sekarang Deliveree belum mendapatkan profit. Kami sangat dekat dengan break event, tetapi kami tidak menghabiskan banyak uang," ujar Tom saat wawancara khusus dengan Kompas.com di kantornya, ditulis Jumat (24/6/2022).

Oleh karenanya, dana modal dari investor-investor yang sudah didapatkan harus dimanfaatkan sebaik mungkin agar modal ini dapat menghasilkan keuntungan ke depannya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.