Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komitmen Pertagas Jalankan CSR, Harus Beri Manfaat ke Masyarakat dan Lingkungan

Kompas.com - 31/05/2024, 14:10 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Afiliasi Subholding Gas Pertamina T Pertamina Gas (Pertagas) berkomitmen inovasi tanggungjawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) harus memberikan manfaat ke masyarakat dan lingkungan di seluruh wilayah operasinya.

Hasilnya, Pertagas meraih enam penghargaan bergengsi di ajang TOP CSR Award 2024 yang diadakan di Hotel Raffles Jakarta pada Rabu, 20 Mei 2024 lalu.

Dalam acara itu pun, Direktur Utama Pertamina Gas, Gamal Imam Santoso, mendapatkan tiga penghargaan TOP Leadership on CSR Commitment untuk upayanya membina masyarakat bufferzone wilayah operasi Pertagas. Sisanya, untuk tiga program CSR Pertagas.

Baca juga: Pertagas Gelar Pelatihan untuk Dorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat Penyangga IKN

Corporate Secretary Pertagas Muhammad Baron, menyampaikan bahwa ajang TOP CSR ini menjadi salah satu evaluasi dan tolak ukur pencapaian program CSR Pertagas.

"Keberhasilan atas penghargaan yang diraih tidak terlepas dari komitmen perusahaan yang senantiasa bersungguh-sungguh dalam menjalankan Tanggung Jawab Sosialnya membina masyarakat menjadi mandiri," kata Baron melalui keterangan pers, Jumat (31/5/2025).

Ia menegaskan bahwa Pertagas terus mengintegrasikan dan mengimplementasikan kebijakan perusahaan untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan sejalan dengan Enviromental, Social, Governance (ESG) yang menciptakan manfaat bersama bagi masyarakat dan lingkungan.

“Pertagas berkomitmen untuk terus meningkatkan program-program CSR-nya demi mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi semua pihak,” ujar Baron.

Baca juga: Pertagas Ubah Fokus Bisnis, dari Penyaluran Gas Bumi ke Penyedia Infrastruktur Energi

Program CSR Pertagas

Berikut inovasi progam CSR pertagas yang mendapatkan penghargaan TOP CSR Award 2024.

Pertama, penghargaan Bintang 5 diraih oleh unit usaha Pertagas yaitu Operation West Java Area (OWJA) dengan program Perisai Jaga Bumi yang berhasil memobilisasi seluruh elemen masyarakat Desa Juntinyuat, Kabupaten Indramayu untuk mengatasi abrasi dan beradaptasi terhadap perubahan iklim.

Dewan Juri TOP CSR Awards 2024 memberikan apresiasi positif terhadap program CSR unggulan Pertagas, khususnya Program Perisai Jaga Bumi OWJA, karena dinilai memiliki dampak positif yang signifikan bagi pemangku kepentingan, terutama masyarakat di ring 1 perusahaan.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com