Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KB Bank Catat Pertumbuhan Kredit 114,3 Persen pada Kuartal I 2024

Kompas.com - 02/06/2024, 08:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank KB Bukopin Tbk atau KB Bank (BBKP) melaporkan pertumbuhan kredit baru sebesar Rp 1,1 triliun pada kuartal I 2024. Angka ini tumbuh 114,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Capaian kredit baru KB Bank pada periode kuartal I 2024 mencapai lebih dari Rp 2,0 triliun.

Dengan pertumbuhan ini, KB Bank mencatatkan pertumbuhan pendapatan bunga bersih atau net interest income (NII) sebesar 3,5 persen secara tahunan atau year on year (yoy).

Baca juga: KB Bank Genjot Pertumbuhan Kredit lewat Pembiayaan Dealer Kendaraan Komersial

Ilustrasi bank. SHUTTERSTOCK/ANTON_AV Ilustrasi bank.

Catatan pertumbuhan ini diimbangi pengendalian beban bunga dan beban operasional yang berhasil turun masing-masing 2,1 persen dan 12,4 persen (yoy).

KB Bank meningkatkan net interest income (NIM) menjadi 0,9 persen pada kuartal I 2024 dari sebelumnya 0,7 persen pada periode tahun sebelumnya.

Wakil Direktur Utama KB Bank, Robby Mondong menyampaikan, fokus perseroan adalah melakukan perbaikan fundamental sembari mendorong pertumbuhan kinerja.

"Rasio loan at risk terus membaik dan kualitas aset dari kredit-kredit baru juga tetap terjaga," kata Robby dalam keterangan tertulis, Minggu (2/6/2024).

Baca juga: KB Bank Dukung Swasembada Pangan lewat Pembiayaan Kredit Petani Tebu

Sebagaimana diketahui, KB Bank memperbaiki rasio kredit kualitas rendah atau loan at risk (LAR) menjadi 34,3 persen pada kuartal I 2024 dari 50,3 persen pada periode yang sama tahun sebelumnya. Hingga April 2024, rasio LAR tercatat terus membaik hingga 26,9 persen.

Rasio LAR merupakan tantangan bagi KB Bank, sejak program transformasi dimulai pada tahun 2021 silam. Pasca KB Kookmin Bank menjadi pemegang saham pengendali perseroan, rasio LAR tercatat sebesar 65 persen pada akhir 2021.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com