Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produksi Beras Menurun, Pengamat Sebut Volume Impor Bisa Bertambah

Kompas.com - 02/06/2024, 15:17 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat Pertanian dari Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) Khudori menyoroti penurunan produksi beras pada tahun ini.

Menurutnya, penurunan produksi ini bisa berdampak pada penambahan volume impor yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

"Kenapa? Karena kalau dilihat menggunakan KSA BPS, produksi Januari-Juli tahun ini dikurangi produksi periode yang sama dibandingkan tahun lalu itu surplus produksinya lebih rendah 2,6 juta ton," ujar Khudori dijumpai usai Peluncuran Buku Stabilisasi Pangan di Indonesia, di Bogor, Jumat (31/5/2024).

Baca juga: Pemerintah Perpanjang Lagi Relaksasi HET Beras Premium

Ilustrasi beras. SHUTTERSTOCK/GOLVR Ilustrasi beras.

Saat ini, kondisi produksi perberasan dihadapkan dengan tantangan yang sulit. Salah satunya dampak dari perubahan iklim el nino tahun lalu.

"Jadi, sepertinya produksi tahun ini kalau bisa dijaga di level tahun lalu itu sudah sangat bagus, tapi sepertinya (produksi) tidak sebesar tahun lalu atau lebih rendah," kata Khudori.

Diketahui, tahun ini Badan Pangan Nasional (Bapanas) menugaskan kepada Perum Bulog untuk melakukan impor beras sebanyak 3,6 juta ton.

Impor ini terpaksa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) sebagai instrumen pemerintah melakukan stabilisasi pasokan dan harga beras.

Baca juga: Soal HET Beras Premium, Pengamat: Kalau Dikembalikan ke Semula kayaknya Enggak Mungkin...

Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Bulog Mokhamad Suyamto bilang hingga akhir Mei 2024, realisasi impor beras telah mencapai 1,9 juta ton.

"Sebanyak 1,9 juta ton yang sudah terealisasi, terdapat pula sekitar 100.00 ton beras impor yang masih dalam perjalanan ke Indonesia," jelas Suyamto. (Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Wahyu T.Rahmawati)

 

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Produksi Beras Menurun, Pengamat Sebut Volume Impor Beras Bisa Bertambah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com