Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekhawatiran dan Harapan Pengusaha Usai Pergantian Kepala Otorita IKN

Kompas.com - 04/06/2024, 14:28 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) kini dipimpin oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Basuki menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita IKN menggantikan Bambang Susantono yang mengundurkan diri.

Sementara posisi Plt Wakil Kepala Otorita IKN, kini diduduki oleh Wakil Menteri Agraria, Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni menggantikan Dhony Rahajoe.

Baca juga: Anggota DPR Minta Gedung Parlemen di IKN Dibangun Paling Akhir, Ini Kata OIKN

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Shinta W Kamdani di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta, Kamis (15/6/2023). KOMPAS.com/Haryanti Puspa Sari Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Shinta W Kamdani di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta, Kamis (15/6/2023).

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Kamdani menilai, penunjukkan Basuki dan Raja Juli dapat melancarkan koordinasi dengan pemerintah selaku regulator.

Dengan demikian, permasalahan terkait investasi dan pembangunan IKN dapat ditangani lebih baik.

Namun di sisi lain, dia mengkhawatirkan kedua pejabat yang ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan kurang fokus menjalankan tugas di Otorita IKN lantaran keduanya juga bertanggung jawab mengurus kementeriannya masing-masing.

"Kami khawatir apakah keduanya bisa memiliki cukup waktu, fokus, energi, dan resources lain yang dibutuhkan untuk memimpin OIKN secara efektif dan efisien. Khususnya dalam hal me-manage investor relations, ketika mengemban jabatan di OIKN dan di kementerian sekaligus," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (4/6/2024).

Baca juga: Stafsus Sri Mulyani Pastikan Gaji Mantan Kepala Otorita IKN Sudah Dilunasi

Oleh karenanya, dia berharap Basuki dan Raja Juli dapat mengerjakan tugas di kementerian dan Otorita IKN dengan baik dan profesional agar investasi maupun pembangunan di IKN tidak terlantar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com