Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar ITIF 2024, Kemenparekraf Realisasikan Investasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Rp 862,8 Miliar

Kompas.com - 07/06/2024, 09:37 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, jumlah realisasi investasi di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif pada gelaran International Tourism Investment Forum (ITIF) 2024 adalah sekitar Rp 862,8 miliar atau setara dengan 52,9 juta dollar AS.

Hal tersebut disampaikan dalam konferensi pers International Tourism Investment Forum (ITIF) 2024, di Swissotel PIK Avenue, Kamis (6/6/2024).

"Ini nanti direkap, tapi ini bagian dari target peningkatan 20 persen investasi total. Ini ada total investment-nya sekitar Rp 862,8 miliar dan total dari kuartal I-2024 yang sudah tercapai hampir 1 miliar dollar AS," kata dia.

Baca juga: Sandiaga Uno: RI Butuh Lebih Rp 20 Miliar Dollar AS untuk Dukung Pariwisata Berkelanjutan

Ia menambahkan, target realisasi investasi di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif sepanjang 2024 adalah senilai 3 miliar dollar AS.

Adapun pada kuartal I-2024, jumlah realisasi investasi di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif yang telah tercatat adalah senilai 943,40 miliar dollar AS.

Baca juga: INACA: Iuran Pariwisata Tambah Beban Penumpang dan Maskapai

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf Rizki Handayani menyampaikan, terdapat beberapa kesepakatan yang terjadi dalam agenda ITIF 2024.

"Ada beberapa MoU (Memorandum of Understanding) yang dilakukan sebenarnya sebagai bentuk dari implementasi dari promosi-promosi dan investasi kami," terang dia.

Lebih lanjut, Rizki mengatakan dengan menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat menciptakan pengalaman yang memperkaya wisatawan, sekaligus juga melestarikan kekayaan budaya dan alam yang ada.

Baca juga: Pemerintah Tetapkan 14 PSN Baru, Fokus pada Pemerataan Pembangunan Infrastruktur Sektor Pariwisata, Pendidikan, dan Kesehatan


Selama dua hari penyelenggaraan, sebanyak 600 peserta dari 29 negara turut berpartisipasi dalam rangkaian pertemuan ITIF 2024. Jumlah tersebut terdiri dari investor, pemilik proyek, akademisi, pemerintah, organisasi internasional, asosiasi dunia usaha, dan lembaga keuangan.

Adapun rangkaian pertemuan ITIF 2024 terbagi ke dalam sesi konferensi pleno dengan 45 pembicara internasional dan nasional terkemuka dengan berbagai latar belakang dan 8 sesi diskusi (roundtable) yang mengenalkan peluang proyek khusus kepada investor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com