BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Bank KB Bukopin

KB Bank Dapatkan Peringkat Internasional Setara Sovereign Credit Rating Indonesia dari Fitch Rating

Kompas.com - 07/06/2024, 11:09 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Bank KB Bukopin Tbk atau KB Bank (kode saham: BBKP) mendapatkan peringkat internasional di level “BBB” dari perusahaan pemeringkat efek PT Fitch Ratings Indonesia (“Fitch”).

Peringkat tersebut setara dengan Sovereign Credit Rating Indonesia (rating internasional) yang diumumkan pada Maret 2024.

Salah satu faktor yang membuat KB Bank mendapatkan peringkat tersebut adalah dukungan dari induk usaha, yaitu KB Financial Group (KBFG).

Sebelumnya, Fitch telah mempertahankan peringkat nasional KB Bank di level tertinggi “AAA” dengan outlook stabil pada April 2024. Peringkat ini menunjukkan bahwa KB Bank merupakan emiten dengan tingkat risiko gagal bayar paling rendah.

Baca juga: KB Bank Catat Pertumbuhan Kredit 114,3 Persen pada Kuartal I 2024

Sebagai informasi, peringkat tersebut menggambarkan stabilitas keuangan KB Bank dan komitmennya terhadap praktik-praktik bisnis berkelanjutan.

Proses pemeringkatan yang dilakukan Fitch berdasarkan informasi faktual dari berbagai sumber kredibel dan terverifikasi.

Wakil Direktur Utama KB Bank Robby Mondong menyampaikan, peringkat internasional yang diterbitkan Fitch mengukuhkan kepercayaan para pemangku kepentingan di ranah internasional terhadap upaya perbaikan fundamental dan pertumbuhan berkelanjutan KB Bank.

Kinerja KB Bank terus menunjukkan sejumlah perbaikan. Pertumbuhan kredit baru KB Bank mencapai 114,3 persen secara year-on-year (yoy). Pencapaian ini mampu diimbangi dengan perbaikan dari segi beban bunga dan beban operasional masing-masing turun 2,1 persen dan 12,4 persen secara yoy.

Melalui perbaikan kinerja tersebut, KB Bank berhasil meningkatkan Net Interest Margin (NIM) menjadi 0,9 persen pada kuartal I 2024. Sebelumnya, NIM KB Bank 0,7 persen pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Baca juga: KB Bank Genjot Pertumbuhan Kredit lewat Pembiayaan Dealer Kendaraan Komersial

Selain itu, KB Bank juga berhasil memperbaiki rasio kredit kualitas rendah atau loan at risk (LAR) menjadi 34,3 persen pada kuartal I 2024. Jumlah menurun ketimbang periode tahun sebelumnya yang mencapai 50,3 persen. Hingga April 2024, rasio LAR KB Bank tercatat terus membaik hingga 26,9 persen.

Selain perbaikan fundamental, KB Bank juga menargetkan pertumbuhan kinerja melalui ekspansi kredit yang dijalankan pada 2024. Segmen korporasi atau wholesale masih menjadi anchor dalam upaya mendorong pertumbuhan dengan menciptakan ekosistem bisnis pada segmen usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta ritel.

“Dengan tambahan peringkat internasional dari Fitch, KB Bank semakin optimistis untuk terus memperbaiki kinerja dan mengejar target pertumbuhan secara berkesinambungan,” kata Robby dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (6/6/2024).


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com