Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Bisa Beri Dampak Positif, BIPI Consulting Sediakan Layanan Konseling untuk SDM Perusahaan

Kompas.com - 24/06/2024, 10:57 WIB
Agung Dwi E,
Anis Nur Aini,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Human capital atau sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu faktor penting dalam pengembangan bisnis. Tanpa pengelolaan yang baik, bisnis tidak akan berjalan secara optimal.

Dilansir dari riset McKinsey Global Institute pada 2022, “Human Capital at Work”, human capital terdiri dari pengetahuan kolektif, pengalaman, kemampuan, dan suasana lingkungan kerja. Pengelolaan human capital secara tepat bisa membantu karyawan menjadi lebih produktif.

Pengelolaan tersebut bisa mencakup penciptaan lingkungan kerja yang sehat serta memberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan pekerja.

Berdasarkan hasil riset McKinsey Global Institute tersebut, terdapat tiga prioritas yang bisa dilakukan perusahaan. Pertama, perusahaan perlu memahami potensi dan skill pekerjanya dengan baik.

Kedua, dorong perpindahan posisi karyawan. Ketiga, perkuat pelatihan bagi karyawan.

Manfaatkan layanan biro psikologi

Agar bisa mendorong kinerja pekerja, perusahaan bisa menggandeng biro psikologi. Salah satunya adalah PT BIPI Talenta Indonesia, atau lebih dikenal sebagai BIPI Consulting.

BIPI Consulting merupakan perusahaan jasa psikologi yang menawarkan berbagai layanan penting untuk mengoptimalkan SDM di perusahaan.

Direktur sekaligus Psikolog Penanggung Jawab BIPI Consulting Arnita Kusumaningrum menjelaskan, pihaknya memiliki one stop solution yang dibutuhkan perusahaan untuk mengoptimalkan pengelolaan SDM.

“Dengan pendekatan yang berbasis data dan pengalaman bertahun-tahun di bidang psikologi industri, BIPI Consulting mampu memberikan rekomendasi dan solusi yang tepat guna bagi berbagai masalah SDM,” jelasnya.

BIPI Consulting menawarkan tujuh layanan untuk perusahaan.

1. Jasa tes psikologi

Tes psikologi adalah metode untuk mengidentifikasi potensi psikologis secara menyeluruh. Metode ini bisa diterapkan pada calon pekerja dan pekerja dalam proses rekrutmen, promosi jabatan, rotasi atau mutasi, serta penugasan pekerjaan.

2. Jasa psikotes psikologi

Laporan hasil psikotes dan tes psikologi terdiri dari psikogram dan rekomendasi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com