Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jalur LRT Jabodebek dari Cibubur-Cawang Tersambung

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Adhi Karya (Persero) Tbk (Kompas100: ADHI) menyelesaikan pengerjaan proyek LRT Jabodebek Lintas Pelayanan 1 yang terbentang dari Cibubur hingga Cawang dengan panjang 14,89 kilometer.

Ini setelah dilakukan Iongspan closure atau pengecoran terakhir Iongspan secara serentak dari ketiga titik, yaitu JORR, Cililitan, dan Cikoko, Jumat (29/3/2/2019).

Lintas Pelayanan 1 Cawang-Cibubur yaitu Iongspan JORR dan Iongspan Cililitan, dan Iongspan di Lintas Pelayanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas yaitu Iongspan Cikoko.

Direktur Utama Adhi Karya Budi Harto mengatakan, bersyukur sudah bisa menyelesaikan tiga longspan tersebut. Sehingga, dalam waktu dekat longspan lainnya juga bisa dirampungkan.

"Kita selesaikan tiga longspan sekaligus. Sehingga kita sudah menyelesiakan empat, sisa enam longspan," kata Budi di kawasan Tol JORR, Jakarta Timur, Jumat (29/3/2019).

Budi menuturkan, pengerjaan proyek ini tidak seperti pada proyek LRT lainnya. 

"Ini adalah kebanggaan Adhi Karya. LRT ini bukan proyek biasa, bukan complicated juga. Ini juga merupakan inovasi dan ide Adhi Karya," ujarnya.

Diketahui, Longspan JORR melintas di atas Jalan Tol JORR, Jalan Dukuh dan Jalan Tol Jagorawi dengan struktur u-box girder. Longspan JORR memiliki panjang 54-90-54 meter yang merupakan Iongspan u-box girder terpanjang di dunia.

Kemudian Iongspan Cililitan, melintas di atas Jalan Tol Jagorawi dengan panjang 54-90-54 meter dengan struktur box girder. Serta Longspan Cikoko yang merupakan bagian dari Lintas Pelayanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, membentang di atas jalur KRL di dekat Stasiun Cawang dan Jalan Cikoko Barat dengan panjang 54-90-54 m dan struktur box girder.


Hingga saat ini, progres pekerjaan LRT Jabodebek per 22 Maret 2019, secara keseluruhan rata-rata mencapai 59.64 persen. Rinciannya, progres untuk Lintas Pelayanan 1 Cawang-Cibubur sebesar 79.69 persen, Lintas Pelayanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas sebesar 47.95 persen dan Lintas Pelayanan 3 Cawang-Bekasi Timur sebesar 53.84 persen.

Pekerjaan pada Lintas Pelayanan 1, direncanakan akan selesai paling awal dan akan menjadi sarana uji coba trainset dari kereta LRT Jabodebek yang merupakan produk dari PT Inka (Persero) dengan target kedatangan pada akhir 2019.

https://money.kompas.com/read/2019/03/29/104500926/jalur-lrt-jabodebek-dari-cibubur-cawang-tersambung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke