Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Boeing Tak Dapat Satu Pun Pesanan Pesawat 737 MAX

CHICAGO, KOMPAS.com - Pesanan dan pengiriman pesawat Boeing anjlok pada kuartal I 2019. Tercatat tidak ada satu pun pemesanan baru untuk pesawat seri 737 MAX menyusul larangan terbang terhadap pesawat itu di seluruh dunia.

Larangan terbang diterbitkan otoritas penerbangan di seluruh dunia menyusul dua kecelakaan fatal yang melibatkan pesawat Boeing 737 MAX 8. Larangan terbang itu pun memaksa Boeing menghentikan pengiriman pesawat seri MAX.

Dilansir dari Reuters, Kamis (11/4/2019), total pemesanan anjlok menjadi 95 unit pesawat pada kuartal I 2019 dibandingkan 180 unit pada periode yang sama tahun lalu. Total pemesanan adalah indikator permintaan pesawat di kemudian hari.

Meski begitu, Boeing masih unggul dibandingkan pesaing terberatnya, Airbus, yang melaporkan total pemesanan mencapai 62 unit pada kuartal I 2019. Namun, pembatalan 120 unit pesanan pesawat membuat Boeing mencatatkan pemesanan net negatif.

Sementara itu, pengiriman pesawat Boeing 737 pada kuartal I 2019 menukik sekira 33 persen. Dengan demikian, pengiriman pesawat Boeing secara total merosott 19 persen menjadi 149 unit dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Boeing hanya mengirimkan 11 unit pesawat seri MAX pada Maret 2019 sebelum ada larangan.

Pengiriman pesawat sangat penting secara finansial lantaran itulah saat ketika pabrikan menerima uang dari pembelian oleh maskapai.

Belum jelas kapan pesawat Boeing seri MAX diperbolehkan kembali mengudara. Regulator-regulator seluruh dunia, termasuk China, menyatakan bakal bergabung dengan panel yang dibentuk Lembaga Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA) untuk meninjau ulang aspek keamanan pesawat Boeing seri MAX.

Goldman Sachs menyatakan tidak mengekspektasikan Boeing akan mengirimkan pesawat seri MAX pada kuartal II 2019. Selain itu, akan sulit mengekspektasi adanya pesanan MAX pada ajang Paris Air Show pada Juni 2019 mendatang.

https://money.kompas.com/read/2019/04/11/130000926/boeing-tak-dapat-satu-pun-pesanan-pesawat-737-max-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke