Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pertemuan Trump-Xi di G20 Buka Peluang The Fed Pangkas Suku Bunga?

WASHINGTON, KOMPAS.com - Kepala Ekonom dan Kepala Penelitian untuk Asia Pasifik di ING, Rob Carnell mengatakan, pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping pada KTT G20 minggu depan dapat memengaruhi langkah bank sentral AS Federal Reserve pada pertemuan berikutnya.

Pada Kamis (20/6/2019), The Fed telah mengambil langkah untuk mempertahankan suku bunga tetap stabil karena beberapa alasan. Kabarnya, pemangkasan suku bunga pun masih belum jelas akan diberlakukan 1-2 kali atau tidak sama sekali di akhir tahun 2019.

Namun, Ketua The Fed Jerome Powell akan membuka peluang untuk penurunan suku bunga, dengan catatan kebijakan Trump selanjutnya membuat dampak negatif berlebih kepada ekonomi Amerika. Carnell berpendapat, KTT G20 di Osaka bakal membuka peluang ini.

"Banyak peserta sekarang melihat alasan untuk kebijakan yang agak akomodatif telah menguat. Pertemuan antara para pemimpin dua ekonomi terbesar di dunia akan sangat penting," kata Rob Carnell dikutip dari CNBC, Jumat (21/6/2019).

Carnell mengatakan, The Fed memang mempertahankan suku bunga. Tapi segala sesuatu dapat berubah jika pertemuan di Jepang tidak berjalan dengan baik.

"Satu hal yang benar-benar dapat berubah adalah pertemuan di Osaka, jika mereka Trump dan Xi pergi saling mengguncang tentang perdagangan," kata Carnell.

Menurut Carnell, jika akhirnya Trump dan Xi Jinping pergi dengan hasil yang tidak baik dan meneruskan perang dagang serta perang tarif, The Fed akan melakukan pemotongan suku bunga cepat.

"Pada tahap itu, hal-hal itu harus dilakukan pemotongan suku bunga cepat. Sangat sedikit hal lain yang dapat memengaruhi sikap The Fed," ucap dia.

Apalagi, dalam pertemuan Federal Open Market Committe (FOMC) juga disebutkan aktivitas ekonomi naik pada tingkat moderat. Hal ini merupakan penurunan peringkat aktifitas ekonomi yang pada Mei lalu berada di kecepatan solid.

Dalam skenario dasarnya, anggota FOMC masih mengharapkan ekspansi berkelanjutan dari kegiatan ekonomi dan bergerak menuju inflasi 2 persen. Tapi mereka sadar, ketidakpastian telah meningkat. Pelaku pasar pun prihatin dengan pertumbuhan ekonomi global, terutama di tengah panasnya perang dagang AS-China.


https://money.kompas.com/read/2019/06/21/095000826/pertemuan-trump-xi-di-g20-buka-peluang-the-fed-pangkas-suku-bunga-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke