Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ekspor Lesu Imbas Perang Dagang, Korsel Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi

SEOUL, KOMPAS.com - Pemerintah Korea Selatan menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi untuk tahun ini. Hal ini sejalan dengan perekonomian Negeri Ginseng tersebut menangkal dampak buruk penurunan siklus teknologi dan perang dagang AS-China.

Dilansir dari Bloomberg, Rabu (3/7/2019), kementerian keuangan Korsel memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi untuk tahun ini menjadi 2,4 hingga 2,5 persen. Pemerintah juga memangkas proyeksi inflasi dari 1,6 persen menjadi 0,9 persen.

Penurunan proyeksi tersebut menggarisbawahi kerentanan ekonomi Korsel terhadap faktor eksternal. Isu ini telah berulang kali disoroti oleh Presiden Moon Jae In, sejalan dengan upayanya mereorientasi ekonomi menjadi lebih fokus terhadap permintaan domestik.

Namun demikian, kalangan analis menyatakan bahwa revisi teranyar tersebut masih terlalu penuh pengharapkan.

Selain itu, revisi proyeksi pertumbuhan ekonomi tersebut juga dapat memperkuat spekulasi bahwa bank sentral Bank of Korea akan memangkas suku bunga acuan guna menopang perekonomian. Anggaran tambahan untuk mendongkrak pertumbuhan masih terganjal di legislatif.

https://money.kompas.com/read/2019/07/03/163000526/ekspor-lesu-imbas-perang-dagang-korsel-pangkas-proyeksi-pertumbuhan-ekonomi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke