Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fokus ke Kredit UMKM, BRI Siap Bersaing dengan Fintech

Adapun fokus bisnis BRI adalah tetap konsisten terhadap kredit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Bahkan tak menutup kemungkinan akan menyaingi fintech-fintech yang juga berfokus pada pendanaan sektor UMKM.

"Kemudian apakah nanti akan beradu dengan fintech yang sudah banyak? Ya memang arahnya ke sana. Kita biarkan kita bersaing di pasar dengan fintech dengan apapun," kata Sunarso di Jakarta, Senin (2/9/2019).

Selain bersaing, kata Sunarso, rencana pembiayaan ke sektor UMKM ini juga bisa ditempuh dengan berbagai cara lainnya, seperti mengakuisisi fintech maupun berkolaborasi dengan fintech-fintech yang sudah ada.

"Kita juga bisa bikin fintech. Dan kemudian fintech itu kita tempatkan di anak perusahaan. Kita bisa own langsung atau kita kolaborasi/kerjasama yang bisa kita lakukan dengan fintech," jelas Sunarso.


Adapun langkah-langkah tersebut dia ambil karena BBRI berkomitmen untuk Go Smaller dan Go Shorter, yaitu bisa melayani masyarakat sebanyak mungkin dengan harga semurah mungkin dalam pendanaan UMKM.

"Dalam rangka untuk fokus ke UMKM, kita tidak punya pilihan lain kecuali Go Smaller & Go Shorter," ucap dia.

Digitalisasi

Langkah-langkah di atas, ujar dia, hanya bisa ditempuh dengan digitalisasi. Dengan digitalisasi, BBRI mampu mempercepat proses dan mengefisiensikan biaya proses.

Sementara itu, rencana bisnis tersebut juga telah dituangkan dalam blueprint transformasi Bank BRI yang disebut Brivolution sejak tahun 2016. Dalam blueprint tersebut, Bank BRI ingin menjadi most valuable bank in South East Asia dalam waktu 5 tahun sejak dieksekusi tahun 2017.

"Untuk mencapai visi itu, memang jalannya harus kembali lebih fokus ke UMKM, UMKM, dan UMKM. Nanti final destination kita itu di tahun 2022, harus kita achieve di 2022," pungkasnya.

https://money.kompas.com/read/2019/09/02/214200626/fokus-ke-kredit-umkm-bri-siap-bersaing-dengan-fintech

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke