Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Memiliki Rumah Pertama Tanpa KPR Menurut Perencana Keuangan

Namun, terus naiknya harga properti membuat tidak semua orang bisa membeli rumah impian membuat pembelian rumah seakan sulit digapai.

Skema pembelian rumah seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sebenarnya membantu impian kita untuk membeli rumah. Namun, tidak semua orang ingin menggunakan skema tersebut dengan berbagai alasan. Salah satunya adalah besaran bunga yang dirasa memberatkan.

Perencana Keuangan Ahmad Ghozali mengatakan, memiliki rumah pertama tanpa melalui KPR memang sulit. Sebab, harga rumah terus naik dan seringkali naiknya lebih dari keuntungan investasi.

"Jadi kalau berusaha ngejar harga rumah dengan cara investasi seringkali tidak terkejar," ujar dia ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (11/9/2019).


"Tapi bukan berarti nggak mungkin lho. Karena masih bisa juga beli rumah tanpa KPR dengan strategi tertentu," lanjut dia.

Yang naik itu harga tanah, bukan bangunan

Ahmad menjelaskan, salah satu opsi adalah dengan terlebih dahulu membeli tanah atau kavling tanah. Sebab, harga tanahlah yang terus menanjak, bukan harga bangunan rumah.

"Maka kunci dulu harga tanahnya.

Kalau nggak dapat bantuan tanah dari orangtua, bisa juga kok dengan cara beli dulu tanah kosong atau kavling tanah," ujar dia.

"Dengan cara ini kita sudah ngunci harga tanah agar tidak lagi naik karena sudah kita beli duluan walapun belum dibangun," lanjut Ahmad.

Bangun rumah secara bertahap

Setelah memiliki tanah dengan lokasi yang diinginkan, proses pembangunan rumah bisa dilakukan secara bertahap. Tentu disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Menurut Ahmad, dengan membangun rumah sendiri, maka memangkas ongkos yang harus dibayarkan kepada developer atau pengembang.


"Dengan membangun sendiri, biayanya juga bisa lebih murah daripada beli rumah dari developer," ujar dia.

Rumah hasil lelang bank

Opsi lain yang memungkinkan adalah dengan membeli rumah hasil lelang bank karena kreditnya macet. Ahmad mengatakan, rumah lelang bank biasanya memiliki harga di bawah harga pasaran.

Jadi, sudah siapkah Anda memiliki rumah?

https://money.kompas.com/read/2019/09/11/093500626/tips-memiliki-rumah-pertama-tanpa-kpr-menurut-perencana-keuangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke